Pemasaran Jasa Boga

S1 Pendidikan Tata Boga

Memahamikonsep tentang pemasaran jasa dan mampu mengimplementasinya dalam bisnis jasa pelayanandi bidang food & service (F&B) sehingga dapat memuaskan pihak sasaran (customer) dan pengelola (management), meliputi: pengertian danruang lingkupnya; karakteristik dan klasifikasi jasa); strategi pemasaran jasa(perilakuk konsumen jasa, membina hubungan dengan konsumen, positioning jasa);penciptaan jasa, bukti fisik, dan penyajian jasa (penciptaan jasa baru, buktifisik jasa, penyajian jasa); dan manajemen permintaan-kapasitas dan penetapanharga jasa (manajemen permintaan dan kapasitas, penetapan harga jasa).


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • · Mampu memecahkan masalah pemasaran dalam organisasi kerja (bisnis) didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
  • MM
  • Home
  • RPS
  • Linknet-Fastnet ASN - Surabaya Indonesia
  • 1
  • · Mampu memecahkan masalah pemasaran dalam organisasi kerja (bisnis) didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
  • MM
  • Mampu menyusun dan membuat laporan tertulis program kerja berdasarkan visi dan misi suatu unit bisnis jasa boga
  • Mampu menentukan dan menusun laporan segmentasi pasar untuk produk jasa boga yang dikembangkan suatu unit usaha boga
  • Mampu menganalisis dan melaporkan segmentasi pasar untuk produk jasa boga yang dikembangkan unit usaha jasa boga.
  • Mampu menganalisis dan melaporkan riset pasar (latihan) untuk suatu unit usaha jasa boga
  • Mampu menetapkan pasar dan sasaran poisi produk suatu unit usaha jasa boga
  • Mampu memasarakan produk yang dimebangkan unit usaha jasa boga melalui online marketing

  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar pemasaran jasa boga, pemasara jasa dan pemasaran relasional, perumusan visi, misi, dan program kerja pemasaran, sehingga menjadi dasar acuan bagi mahasiswa dalam bersikap saat melakukan kegiatan pemasaran di industri jasa boga
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang segmentasi pasar, analisis persaingan, riset pemasaran dan sistem informasi, sehingga dapat dijadikan acuan untuk memberikan pelayanan prima saat bekerja dalam industri boga
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang strategi pemasaran untuk pasar yang berbeda dan lingkungan yang bersaing dan strategi penetapan pasar sasaran dan posis potensi diri sebagai sumber daya manusia sehingga dapat dijadikan acuan untuk bekerja dalam bidang pemasaran
  • Mampu menunjukkan nilai-nilai sosial dalam menjalankan tugas berdasar agama, moral, dan etika
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungannya
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap terpercaya (berintegritas), responsif, professional sesuai dengan Global Code of Ethic of Tourism, dan berkepribadian Indonesia


  • Mampu menyusun dan membuat laporan tertulis program kerja berdasarkan visi dan misi suatu unit bisnis jasa boga
  • Mampu menentukan dan menusun laporan segmentasi pasar untuk produk jasa boga yang dikembangkan suatu unit usaha boga
  • Mampu menganalisis dan melaporkan segmentasi pasar untuk produk jasa boga yang dikembangkan unit usaha jasa boga.
  • Mampu menganalisis dan melaporkan riset pasar (latihan) untuk suatu unit usaha jasa boga
  • Mampu menetapkan pasar dan sasaran poisi produk suatu unit usaha jasa boga
  • Mampu memasarakan produk yang dimebangkan unit usaha jasa boga melalui online marketing

  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar pemasaran jasa boga, pemasara jasa dan pemasaran relasional, perumusan visi, misi, dan program kerja pemasaran, sehingga menjadi dasar acuan bagi mahasiswa dalam bersikap saat melakukan kegiatan pemasaran di industri jasa boga
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang segmentasi pasar, analisis persaingan, riset pemasaran dan sistem informasi, sehingga dapat dijadikan acuan untuk memberikan pelayanan prima saat bekerja dalam industri boga
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang strategi pemasaran untuk pasar yang berbeda dan lingkungan yang bersaing dan strategi penetapan pasar sasaran dan posis potensi diri sebagai sumber daya manusia sehingga dapat dijadikan acuan untuk bekerja dalam bidang pemasaran
  • Mampu menunjukkan nilai-nilai sosial dalam menjalankan tugas berdasar agama, moral, dan etika
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungannya
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap terpercaya (berintegritas), responsif, professional sesuai dengan Global Code of Ethic of Tourism, dan berkepribadian Indonesia

  • Pokok Bahasan

    • Orientasi rps pemasaran jasa bogamenjelaskan pengertian jasa dan pemasaranmengidentifikasi klasifikasi dan karakteristik jasa.menjelaskan masalah dalam bisnis jasa. menejelaskan konsep inti pemasaran
    • 1. menjelaskan pengertian jasa dan pemasaran 2. mengidentifikasi klasifikasi dan karakteristik jasa 3. menjelaskan masalah dalam bisnis jasa 4. menejelaskan konsep inti pemasaran
    • Menjelaskan perbedaan pemasaran jasa dan pemasaran relasional
    • Penetuan area bersainganalisis kelompok strategisidentifikasi, uraian dan evaluasi pesaingmengantisipasi tindakan pesaing sistem intelijen pesaing
    • 1. menjelaskan pengertian visi misi jasa dan program kerja perusahaan jasa 2. pengembangan misi bidang pemasaran jasa 3. pengembangan program kerja bidang pemasaran jasa
    • 1. menjelaskan segmentasi penentuan persaingan penentuan posisi. 2. segmentasi dan keunggulan bersaing 3. mengidentifikasi segmen pasar 4. pembentukan segmen 5. analisis segmen pasar strategis 6. segmentasi pada lingkungan yang berubah
    • Menjelaskan segmentasi, penentuan persaingan, penentuan posisi.segmentasi dan keunggulan bersaingmengidentifikasi segmen pasarpembentukan segmenanalisis segmen pasar strategissegmentasi pada lingkungan yang berubah
    • Informasi dan keunggulan sistem informasiinformasi riset pemasaraninformasi terkomputerisasisistem intelijen dan keahlian artifisial isu dalam pengaturan informasi
    • Menjelaskan strategi pasar sasaranmenjelaskan pemilihan konsep penentuan posisi pasarmenjelaskan pemilihan strategi penentuan posisimenjelaskan penggabungan komponen-komponen penentuan posisimenjelaskan penentuan posisi menjelaskan efektivitas penentuan posisi
    • Menjelaskan pertimbangan-pertimbangan dalam penyeleksian strategimenjelaskan strategi memasuki pasar-produk yang barumenjelaskan strategi untuk pasar yang berkembangmenjelaskan strategi untuk pasar yang matang dan menurun menjelaskan persaingan dalam pasar global
    • Menjelaskan perenc. produk sebagai proses kepuasan konsumen menjelaskan langkah-langkah perencanaan produk barmnjelaskan pembangkitan idemenjelaskan penya-ringan, pengevaluasian, dan analisis bisnismenjelaskan pengem-bangan dan pengujianmenjelaskan strategi pemasaran dan pengujian pemasaranmenjelaskan komersialisasimenjelaskan isu-isu perenc. produk baru

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30