Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing

S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Pada matakuliah ini dikaji aspek-aspek pedagogi dan psikologi pada pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing serta linguistik mikro dan makro pada pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing melalui kegiatan pertemuan kelas, pelatihan laboratoris, dan simulasi guna menghasilkan perangkat pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing, yang meliputi silabus dan RPP lengkap untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • · Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah dan pengomunikasian gagasan melalui bahasa Indonesia
  • · Menguasai tata bahasa bahasa Indonesia yang meliputi tata bunyi, tata bentuk, tata kalimat dan keterampilan berbahasa Indonesia yang meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis
  • · Mengambil keputusan strategis dalam menggunakan aturan atau kaidah/tata bahasa Indonesia dan keterampilan berbahasa Indonesia berdasarkan kaidah dan situasi penggunaannya
  • · Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, proyek, dan tes yang terkait dengan tata bahasa dan keterampilan berbahasa Indonesia serta penerapannya
  • Pokok Bahasan

    • Menjelaskan aspek-aspek pedagogi, meliputi pemahaman peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik dalam pembelajaran bipa mengidentifikasi aspek-aspek psikologi, meliputi kondisi lingkungan dalampembelajaran bipa
    • Menjelaskan linguistik mikro, meliputi fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik dalam pembelajaran bipa mengidentifikasi linguistik makro, meliputi psikolinguistik, etnolinguistik, dan sebagainya dalam pembelajaran bipa
    • Mengidentifikasi komponen-komponen lembar kerja mahasiswa menyusun lembar kerja mahasiswa dalam pembelajaran bipa
    • Mengidentifikasi konsep media pembelajaran menyusun media pembelajaran bipa
    • Mengidentifikasi konsep kata dan strukturnya menyusun kata sesuai dengan struktur kata bahasa indonesia
    • Mengidentifikasi konsep gabungan kata dan strukturnya menyusun gabungan kata sesuai dengan struktur gabungan kata bahasa indonesia
    • 1. mengidentifikasi struktur kalimat bahasa indonesia dalam wacana 2. menyusun kalimat sesuai struktur kalimat bahasa indonesia
    • Menjelaskan ciri paragraf mengidentifikasi struktur paragraf suatu wacana menyusun paragraf sesuai kaidah penulisannya.
    • Mengidentifikasi macam-macam teknik penilaian menyusun perangkat dan mempraktikkan evaluasi dalam pembelajaran bipa
    • Konsep program semestermengidentifikasi komponen-komponen dalam program semester menyusun program semester pembelajaran bipa
    • Mengidentifikasi pelafalan dan logat bahasa indonesia melafalkan pelafalan dan logat bahasa indonesia dengan benar menyusun transkripsi fonetis sesuai pelafalan dan logatnya
    • Menjelaskan konsep program mingguan mengidentifikasi komponen-komponen dalam program semester menyusun program mingguan pembelajaran bipa
    • -

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30