Elemen Mesin II

S1 Teknik Mesin

Mata kuliah ini berisi elemen 13 elemen mesin : pasak, poros, roda gigi, kopling dan rem, bantalan.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Mahasiswa memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam mengikuti perkuliahan.
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang pasak, poros, roda gigi, kopling dan rem, bantalan sesuai perkembangan ilmu dan teknologi untuk merancang suatu mesin.
  • Mahasiswa memiliki keterampilan untuk merancang bagian bagian mesin seperti : pasak, poros, roda gigi, kopling dan rem serta bantalan sesuai perkembangan ilmu dan teknologi untuk menghasilkan suatu rancangan mesin.
  • Mahasiswa mampu berinteraksi dan bekerja sama dalam tim, bertanggungjawab, berfikir secara logis dan cerdas dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara profesional dibidang teknik pemesinan.
  • Pokok Bahasan

    • Menjelaskan tentang konstruksi roda gigimenjelaskan tentang perhitungan parameter roda gigi
    • Menjelaskan tentang kopling tetapmenjelaskan tentang kopling fluidamenjelaskan tentang kopling kerucutmenjelaskan tentang kopling friwilmenjelaskan perencanaan pada kopling tetapmenjelaskan perencanaan pada kopling fluidamenjelaskan perencanaan pada kopling kerucutmenjelaskan perencanaan pada kopling friwilmenentukan nomor kopling fluidamenentukan ukuran kopling tetapmenentukan gaya yang bekerja pada kopling kerucut dan friwil :
    • Mahasiswa mampu menggambarkan konsep bantalan mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep bantalan pada persoalan yang berhubungan dengan dunia teknik mesinmahasiswa mampu menggambarkan macam-macam bantalan berdasarkan arah beban terhadap porosmahasiswa mampu mengidentifikasi macam-macam bantalan berdasarkan arah beban terhadap porosmahasiswa mampu menguraikan sifat-sifat bantalan
    • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep bantalan luncur mahasiswa mampu menjelaskan klasifikasi bantalan luncur mahasiswa mampu menggambarkan pemakaian bantalan luncur mahasiswa mampu menggambarkan sifat-sifat bantalan luncur yang diaplikkasikan dalam persoalan mahasiswa mampu menyelesaikan perhitungan dalam merancang bantalan luncur
    • Ujian sub sumatif
    • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep bantalan gelindingmahasiswa mampu menjelaskan klasifikasi bantalan gelindingmahasiswa mampu menggambarkan elemen-elemen pada bantalan gelindingmahasiswa mampu memilih material yang tepat untuk bantalan gelinding berdasarkan persoalan yang adamahasiswa mampu menghitung dalam melakukan design pada bantalan gelinding
    • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rem blok tunggalmahasiswa mampu menjelaskan aplikasi rem blok tunggalmahasiswa mampu menggambarkan bagian-bagian dari rem blok tunggalmahasiswa mampu mengaplikasikan cara kerja rem blok tunggalmahasiswa mampu melakukan perhitungan untuk konsep design rem blok tunggal
    • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rem blok gandamahasiswa mampu menggambarkan elemen-elemen pada rem blok gandamahasiswa mampu mengaplikasikan cara kerja rem blok ganda melalui konsep designmahasiswa mampu melakukan perhitungan daya yang bekerja pada rem blok ganda
    • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep rem drummahasiswa mampu menggambarkan klasifikasi rem drummahasiswa mampu menggambarkan bagian-bagian dari rem drum berdasarkan klasifikasi yang sudah ditentukanmahasiswa mampu memilih bahan yang tepat untuk rem drum sesuai dengan klasifikasinya yang ditentukanmahasiswa mampu menyelesaikan perhitungan untuk mencari gaya sebenarnya pada rem drummahasiswa mampu mengaplikasikan perhitungan rem drum untuk konsep design rem drum

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30