Bahasa Inggris II

S1 Pendidikan Teknik Bangunan

Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan cara ceramah dan diskusi.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

1. Mampu menerapkan keahlian bahasa Inggris dan memanfaatkan TIK untuk (1) berkomunikasi dan (2) memahami teks lisan dan tulis dalam konteks-konteks keseharian dan umum terbatas.

2. Menguasai pengetahuan dasar ilmu bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan (1) berkomunikasi dengan bahasa yang berterima dan (2) pemahaman teks.

3. Membuat keputusan dalam memilih bahasa yang tepat sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa berterima sesuai dengan konteksnya.

4. Memiliki tanggung jawab atas (1) penggunaan bahasa yang dipakai dan (2) tugas yang diberikan terkait penggunaan dan pemahaman bahasa.

Pokok Bahasan

  • Mahasiswa mampu: 1. mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan word order dan determiners 2. memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan word order dan determiners 3. mengidentifikasi topik utama dan hal detail dalam sebuah percakapan pendek
  • Mahasiswa mampu: 1. mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan reflexive and emphatic pronouns dan modals 2. memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan reflexive and emphatic pronouns dan modals 3. mengidentifikasi putusan akhir dan masalah dalam sebuah percakapan pendek
  • Mahasiswa mampu: 1. membedakan jenis-jenis english standardized test 2. memahami pentingnya english standardized test 3. mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan part of speech & singular-plural forms (count-uncount) 4. memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan part of speech & singular-plural forms (count-uncount)
  • Mahasiswa mampu: 1. mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan causative dan subjunctive 2. memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan causative dan subjunctive 3. mengidentifikasi arti idiom dan perasaan atau emosi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
  • Mahasiswa mampu: 1. mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan tenses (active) dan passive voice 2. memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan tenses (active) dan passive voice 3. mengidentifikasi saran dan asumsi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
  • Mahasiswa mampu: 1. mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan subject-verb agreement dan gerunds & infinitives 2. memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan subject- verb agreement dan gerunds & infinitives 3. menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah percakapan agak panjang
  • Mahasiswa mampu: 1. mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan adjective clause & adjective dan noun clause 2. memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan adjective clause & adjective dan noun clause 3. menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah monolog
  • Ussr
  • Mahasiswa mampu: 1. menjelaskan tata bahasa inggris yang terkait dengan adverb clauses & parallel structure 2. memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan adverb clauses & parallel structure 3. menyelesaikan soal-soal tata bahasa inggris yang terkait dengan adverb clauses & parallel structure 4. mengidentifikasi main idea/topic, main purpose, organization of ideas, tone, previous/following paragraph questions pada sebuah wacana tulis 5. menyelesaikan soal-soal reading comprehension yang terkait dengan main idea/topic, main purpose, organization of ideas, tone, previous/following paragraph questions pada sebuah wacana tulis
  • Mahasiswa mampu: 1. menjelaskan tata bahasa inggris yang terkait dengan conditional sentences & comparison 2. memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan conditional sentences & comparison 3. menyelesaikan soal-soal tata bahasa inggris yang terkait dengan conditional sentences & comparison 4. mengidentifikasi inference, purpose, details, negative and line items pada sebuah wacana tulis 5. menyelesaikan soal-soal reading comprehension yang terkait dengan inference, purpose, details, negative and line items pada sebuah wacana tulis
  • Mahasiswa mampu: 1. menjelaskan materi tata bahasa inggris yang telah diajarkan pada pertemuan 1 s/d 10 2. menyelesaikan soal-soal materi tata bahasa inggris yang diajarkan pada pertemuan 1 s/d 10 3. mengidentifikasi vocabulary items & reference items pada sebuah wacana tulis
  • 1. mahasiswa mampu: 2. menjelaskan materi bahasa inggris yang telah diajarkan 3. menyelesaikan soal-soal materi tata bahasa inggris yang telah diajarkan 4. menyelesaikan soal-soal materi reading comprehension yang telah diajarkan 5. menyelesaikan soal-soal materi listening comprehension yang telah diajarkan
  • Mahasiswa mampu: 1. menjelaskan materi bahasa inggris yang telah diajarkan 2. menyelesaikan soal-soal materi tata bahasa inggris yang telah diajarkan 3. menyelesaikan soal-soal materi reading comprehension yang telah diajarkan 4. menyelesaikan soal-soal materi listening comprehension yang telah diajarkan

Course

Durasi Kuliah 16 Minggu
Instructor:
Max. students: 50
Attending: 30