Perencanaan Bangunan Gedung

S1 Pendidikan Teknik Bangunan

Mata kuliah perencanaan bangunan sipil secara lengkap dilakukan pada bangunan gedung dengan 4-5 lantai, tugas yang dilakukan meliputi merencana konstruksi baja untuk atap (gording, trekstang dan ikatan angin), kuda-kuda (pelana atau joglo) dan jika diperlukan perencanaan kolom dari profil baja untuk lantai atas, selanjutnya merencana konstruksi beton untuk pelat lantai (pelat 1 arah dan pelat 2 arah), balok (ring balok, memanjang dan melintang), kolom dan pondasi (pondasi dangkal dan dalam). Pada mata kuliah ini, perencanaan pembebanan yang bekerja harus dideskripsikan terlebih dahulu sehingga dapat dihitung analysis strukturnya dan bertahap sesuai dengan bagian perencanaan. Untuk atap dan kuda-kuda, profil baja yang digunakan harus direncanakan dan dikontrol kapasitasnya terhadap gaya dalam dari beban luar sehingga profil yang ditentukan dapat dikriterikan aman atau tidak. Untuk lantai, balok, kolom dan pondasi yang digunakan harus direncanakan ukuran tebal dan penampangnya dan dihitung kebutuhan tulangan serta gambar tulangannya. Perhitungan analisis struktur dengan menggunakan bantuan software aplikasi sipil (SAP dan lain-lain) dan penggambaran perencanaan bangunan serta gambar baik pradesain dan detailnya dengan bantuan CAD. Pada mata kuliah ini model pembelajaran yang digunakan berdasarkan studi proyek dan penilaian yang digunakan berbasis portofolio dalam bentuk laporan.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Mahasiswa beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki moral, etika, serta kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas perencanaan bangunan sipil.
  • Mahasiswa mampu merancang pekerjaan ketekniksipilan sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan dengan bijaksana dan dapat mampu menggunakan software untuk menyelesaian tugas perencanaan bangunan teknik sipil.
  • Mahasiswa menguasai dan mampu perencanaan bangunan sipil sebagai bekal dalam menghadapi dunia pekerjaan dan masyarakat dan pengembangan kepribadian untuk menjadi pribadi yang mandiri dan jujur dalam bekerja.
  • Mahasiswa menguasai dan mampu menggunakan tugas perencanaan bangunan sipil untuk berkarya dan melaksanakan pekerjaan lapangan yang berwawasan lingkungan dan berorientasi pada keselamatan kerja.
  • Mahasiswa mampu merencanakan dan mengorganisasi pekerjaan perencanaan bangunan sipil agar berjalan dengan lancer dan terselesaikan tepat waktu.
  • Pokok Bahasan

    • - merencanakan tebal pelat tangga dan bordes, lebar injakan dan tinggi anak tangga. - merencanakan perhitungan beban pada tangga. - menghitung analisis momen pada model mekanika tangga. - menghitung kebutuhan penulangan tangga.
    • - menghitung berat total dari setiap lantai dan ditotal keseluruhan beban lantainya. - menghitung koefisien dasar gempa untuk respon-spektra atau waktu getarnya sehingga dapat dihitung nilai gaya gempanya. - menghitung distribusi gempa ke setiap lantainya.
    • - menggambarkan denah bangunan gedung bertingkat. - memberikan informasi yang jelas fungsi bangunan dan ruangan. - menggambarkan denah rencana atap. - menggambarkan denah lantai, balok dan kolom. - menggambarkan potongan melintang dan memanjang bangunan.
    • - menggambarkan potongan memanjang dan melintang bangunan.
    • - membuat preliminary design bangunan yang terdiri dari elemen baja dan beton
    • - menguraiakan beban yang bekerja dari atap tersalurkan ke kuda-kuda. - menghitung jumlah beban yang bekerja disetiap titik simpul kuda-kuda. - membuat model struktur di program analysis struktur dengan komputer. - mengoperasikan program komputer untuk memodelkan kuda-kuda, menginput beban dan mendapatkan reaksi tumpuan dan gaya batang.
    • - merencanakan sambungan pada titik simpul kuda-kuda. - menghitung kuat nominal pada sambungan. - menghitung jumlah atau panjang sambungan yang digunakan.
    • - merencanakan kebutuhan pembebanan masing ruangan.- menghitung tributary area pada balok dan kolom.- menghitung pembebanan pada portal.- menghitung distribusi beban pada masing2 tingkat untuk pembebanan gempa statik ekivalen.
    • - merencanakan perhitungan beban pada pelat. - menghitung analisis momen pada pelat baik 1 arah atau 2 arah. - menghitung penulangan pelat baik 1 arah dan 2
    • - membuat model portal sesuai dengan denah dan potongan gambar. - memberikan kelengkapan untuk model portal. - menginput beban pada model portal. - menjalankan analisis program serta mengeluarkan hasil analisis dari program sap.
    • - menentukan momen maksimum lapangan dan momen maksimum tumpuan pada 1 balok. - menghitung kebutuhan tulangan dan menentukan tulangan yang dipasang. - membuat tabel perhitungan tulangan untuk kondisi balok lainnya.
    • - menentukan p(aksial) dan momen (maksimum) pada 1 kolom. - menghitung kondisi kolom apakah termasuk kolom pendek dengan eksentrisitas atau kolom langsing sehingga dapat dihitung pembesaran momen. - menentukan rasio penulangan kolom berdasarkan diagram interaksi pn dan mn.
    • - merencanakan ukuran pondasi berdasarkan tegangan ijin tanah. - menghitung kapasitas pondasi terhadap geser. - menghitung analisis mekanika pada pondasi untuk mendapatkan momen. - menghitung penulangan lentur untuk pondasi.- menghitung poer dan sloof.
    • - menggambar kuda-kuda dan sambungannya. - menggambar tulangan pelat dan detail tulangan. - menggambar tulangan balok dan potongan tulangan balok.- menggambar tulangan kolom beserta detailnya.- menggambar pondasi, poer, dan sloof beserta detail tulangannya.

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30