Tari Surakarta Bentuk

S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik

Mata Kuliah ini berisi penguasaan ketrampilan Tari Klasik gaya Surakarta dalam bentuk tari tunggal , berpasangan, dan kelompok baik gaya putra maupun putri dilaksanakan dengan praktekl.



Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

1. Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk pelaksanaan pembelajaran tari Surakarta bentuk tari Bondoyudo dan tari Srimpi Manggoloretno gaya tari Surakarta.

2. Memiliki pengetahuan tentang tari Surakarta putra dan Putri baik berpasangan maupun kelompok.

3. Menyajikan repertoar tari putra gagah (Bondoyudo dan putri Manggoloretno. tari Putri Manggoloretno gaya Surakarta.

4. Memiliki sikap etis, estetis,dalam menarikan tari putra gagah dan putri gaya Surakarta.

Pokok Bahasan

  • 1. menjelaskan garis besar materi perkuliahan 2. menyepakati kontrak perkuliahan
  • 1. menyebutkan dan melakukan teknik ragam gerak 3 dan 4 beksan bondoyudo. . 2. hafal dan dapat mengikuti irama gerak ragam tari 3 – 4 dengan gagah. dapat memelakukan ragam tari dengan benar dan tepat..
  • 1. menyebutkan dan melakukan teknik gerak sembahan, nikelwarti, jengkeng, gedhek.lumaksono sampai dengan semnahan trapsilo 2. melakukan gerak tari dengan irama yang benar mulai jengkeng, gedek, ambil tameng, ambil penthungan, berdiri, sabetan, lumaksono, tanjak nikelwarti, 3. memahami dan merasakan irama gendhing pada gerak tari sembahan, nikelwarti, jengkeng, gedhek dengan benar dan irama yang tepay.
  • 1. menyebutkan dan melakukan teknik teknik gerak tari putra gagah 2. menyebutkan dan melakukan teknik gerak sembahan, nikelwarti, jengkeng, gedhek.. 3. melakukan gerak tari dengan irama yang benar. memahami dan merasakan irama gendhing pada gerak tari sembahan, nikelwarti, jengkeng, gedhek dengan benardan tepat.
  • 1. mengetahui dan memahami teknik gerak tari putra gagah. 2. memahami teknik tari putra surakarta/bondoyudo. tanjak nikelwarti, jengkeng, nikelwartl. 3. memahami irama gendhing tari bondoyuda pada gerak tanjak nikelwarti. jengkeng, nikelwartl. 4. memahami dan merasakan irama gendhing pada gerak tari sembahan, nikelwarti, jengkeng, gedhek dengan benardan

Course

Durasi Kuliah 16 Minggu
Instructor:
Max. students: 50
Attending: 30