Asesmen Proses dan Hasil Belajar

S1 Pendidikan Ekonomi

Membahas tentang peran penilaian dalampendidikan dan pembelajaran, berbagai macam penilaian sesuai kurikulum yangberlaku, penyusunan berbagai inti persoalan yang baik beserta rubrikpenilaiannya. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasiskelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembangan instrumenpenilaian, beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakan programexcel serta penggunaan software butir soal, acuan ketuntasan belajar.Perkuliahan disajikan secara teoritis, workshop, penugasan dan praktek.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • MemanfaatkanTIK dan software analisis butir soal untuk menganalisis hasil belajar siswa.
  • Menguasaikonsep, prinsip, dan prosedur asesmen dalam pembelajaran ekonomi yangberorientasi pada standar penilaian.
  • Merencanakandan menyelesaikan permasalahan asesmen dalam pembelajaran ekonomi denganmenggunakan prinsip-prinsip, metode, dan standar penilaian.
  • Bertanggungjawabatas pencapaian hasil pembelajaran asesmen dalam pembelajaran ekonomi dankinerja diri maupun kelompok.
  • Pokok Bahasan

    • Membedakan konsep pengukuran, evaluasi dan penilaianmendeskripsikan prinsip-prinsip evaluasimembedakan subjek dan objek evaluasimenjelaskan tujuan evaluasi
    • Menyebutkan ruang lingkup penilaian sikapmengidentifikasi penilaian sikapmampu menyusun instrumen penilaian sikap
    • Membedakan teknik tes dan non tesmenyebutkan bentuk evaluasi
    • Mampu menyebutkan ruang lingkup penilaian pengetahuanmengidentifikasi penilaian pengetahuanmampu menyusun instrumen penilaian pengetahuan
    • Mampu menyebutkan ruang lingkup penilaian keterampilanmampu mengidentifikasi penilaian keterampilanmampu menyusun instrumen penilaian keterampilan
    • 1. menjelaskan criteria tes yang baik 2. menghitung validitas, reliabilitas dan daya beda tes
    • 1.1. menghitung skor soal subyektif 1.2. menghitung skor soal obyektif
    • 1.1. menjelaskan pengertian kkm 1.2. menyebutkan komponen kkm 1.3. menghitung kkm
    • Menjelaskan mekanisme penilaian dalam rapor kurikulum 2013

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30