Media Pembelajaran dan Tik

S1 Pendidikan Tata Boga

Pokok bahasan dalam mata kuliah ini berkenaan dengan konsep dan peran media dalam proses pembelajaran, teknik pemilihan serta teknik perancangan dan strategi penggunaan media pendidikan dalam proses belajar mengajar. Sehingga pada akhirnya mahasiswa dapat membuat serta menggunakan media yang efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran tata boga.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

Mampu memanfaatkan IPTEKS pada aspek media pembelajaran, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

Mampu mengimplementasikan media pembelajaran, terampil dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran dalam bidang tata boga.

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam menerapkan media pembelajaran.

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

Pokok Bahasan

  • Pengetahuan secara umum tentang media pembelajaran
  • Menelaan konsep media pembelajaranmenelaah definisi media pembelajaran dan landasan penggunaan mediamenjelaskan ciri-ciri media pembelajaranmenguraikan fungsi dan manfaat media pendidikan
  • Merinci jenis dan karakteristik 1) media grafis a. bagan b. grafik c. gambar d. komik e. karikatur 2) media audio a. radio b. tape recorder c. labor bahasa 3) media audio visual a. televisi b. dvd 4) media proyeksi a. overhead projector transparan b. lcd
  • 1. menelaah pemilihan media 2. menafsirkan dasar pertimbangan dalam pemilihan media a. alasan teoritis b. alasan praktis 3. merancang kriteria dalam memilih media a. kriteria umum b. kriteria khusus 4. pemilihan media pembelajaran tata boga
  • Menganalisis belajar jarak jauh (distance learning) dengan perangkat e-learningmemberikan contoh multimedia dalam pembelajaranmenguraikan bahan pembelajaran interaktifmendeskripsikan bahan ajar berbasis webmengklasifikasikan software bahan ajarmembedakan audiotape dan videotapemenguraikan computer based training (cbt)menguraikan web based training (wbt)menguraikan international network (internet)
  • Mengidentifikasi jenis media pembelajaran yang diterapkanmenelaah bahan media pembelajaran yang akan diterapkan.mengidentifikasi keunggulan dan kekurangan media pembelajaran yang akan diterapkan
  • Mendeskripsikan pengertian modulmengidentifikasi karakterisrik modulmenguraikan prinsip pengembangan modulmenguraikan prosedur penyusunan modulmenguraikan langkah-langkah penyusunan modulmenjabarkan format/ kerangka modul
  • Ujian tengah semester
  • Menyusun skenario/langkah-langkah membuat media pembelajaran berbasis modul menampilkan media pembelajaran berbasis modul
  • Menyusun skenario/langkah-langkah membuat media pembelajaran berbasis audio visualmenampilkan media pembelajaran berbasis audio visual
  • Menyusun skenario/langkah-langkah membuat media pembelajaran berbasis visualmenampilkan media pembelajaran berbasis visual
  • Menyusun skenario/langkah-langkah membuat media pembelajaran berbasis audiomenampilkan media pembelajaran berbasis audio

Course

Durasi Kuliah 16 Minggu
Instructor:
Max. students: 50
Attending: 30