Manajemen Strategik

S2 Ilmu Manajemen

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar tentang pentingnya Manajemen strategik dalam organisasi publik maupun profit. Yang pada Akhirnya peserta kuliah diharapkan dapat menerapkan manajemen strategik pada organisasi tempat mereka berkiprah nantinya. Pembelajaran dilakukan dengan penerapan pendekatan scientific, diskusi, dan penugasan.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

1) Mampu menguasai konsep dasar manajemen strategik.

2) Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dalam organisasi.

3) Mampu menerapkan manajemen strategi dalam studi khasus.

4) Mengembangkan kemampuan melakukan analisis strategik dalam berbagai situasi kompetitif dan membentuk pemahaman yang kuat tentang tantangan-tantangan kompetitif baik domestik maupun global.

Pokok Bahasan

  • Mahasiswa mampu merancang kerangka evaluasi strategi mahasiswa mampu merancang rencana cadangan (contingency)
  • Mahasiswa mampu memahami karakteristik implementasi strategi mahasiswa mampu menyusun tujuan tahunan, kebijakan-kebijakan dan alokasi sumber daya.
  • Mahasiswa mampu mendiskusikan permasalahan etika dan hukum terkait dengan metode yang digunakan oleh banyak perusahaan mahasiswa mampu memahami dan menganalisis tanggung jawab sosial perusahaan mahasiswa mampu membandingkan dan mengevaluasi laporan keberlangsungan
  • Mahasiswa mampu mengamati isu-isu pemasaran saat ini mahasiswa mampu mengidentifikasi segmentasi pasar mahasiswa mampu menganalisis positioning produk
  • Mahasiswa mampu memahami konsep dan karakteristik manajemen strategik mahasiswa mampu mengidentifikasi visi perusahaan mahasiswa mampu mengidentifikasi misi perusahaan mahasiswa mampu mengidentifikasi lingkungan bisnis baik internal dan eksternal
  • Mahasiswa mampu mengidentfikasi lingkungan eksternal mahasiswa mampu mengidentifikasi syarat penjualan secara kredit
  • Mahasiswa mampu menyusun rumusan strategi jangka panjang mahasiswa mampu menyusun formulasi strategi, menganalisis dan memilih strategi
  • Mahasiswa mampu memahami konsep dan karakteristik manajemen strategik mahasiswa mampu merumuskan strategi bisnis
  • Mahasiswa mampu menjelaskan definisi tata kelola perusahaan (corporate governance) mahasiswa mampu mendiskusikan tingkat dan praktik pendapatan pajak di seluruh dunia mahasiswa mampu membandingkan dan membedakan budaya di amerika serikat dengn yang lain.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan metode kasus untuk konsep pembelajran manajemen strategik mahasiswa mampu megidentifiksi langkah-langkah dalam mempersiapkan analisis kasus mahasiswa mampu memberikan saran khusus untuk melakukan analisis kasus
  • Mahasiswa mampu menjelaskan dan mempresentasikan materi yang telah didapat

Course

Durasi Kuliah 16 Minggu
Instructor:
Max. students: 50
Attending: 30