KEWIRAUSAHAAN

S1 Pendidikan Sains

Pemahaman konsep kewirausahaan dalam usaha menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan yaitu kemampuan memotivasi diri agar mampu menginderai peluang usaha, menciptakan jasa, produksi, pemasaran, kemitraan dan manajemen, serta mampu meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah dalam usaha.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang kewirausahaan dalam usaha menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  • Menguasai konsep teoritis bidang kewirausahaan dalam usaha menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan secara mendalam serta memformulasikannya dalam penyelesaian masalah secara procedural.
  • Mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih alternative solusi.
  • Bertanggung jawab dalam menginformasikan hasil analisis informasi dan data baik secara lisan dan tulisan
  • Pokok Bahasan

    • 1. menjelaskan perspektif kewirausahaan. 2. menganalisis perbedaan antara pengusaha, wirausahawan dan penemu 3. membedakan antara wirausahawan dan manajer, dan juga pekerja. 4. menjelaskan kualitas dan karakteristik wirausahawan yang sukses 5. wirausahawan dilahirkan, dicetak atau lingkungan 6. menjelaskan manfaat mempelajari kewirausahaan
    • - mendefinisikan pengertian kreativitas - dasar-dasar pemikiran kreatif - mendefinisikan pengertian inovasi - menganalisis prinsip-prinsip inovasi dan peluangnya - inovasi produk - proses adopsi dari inovasi
    • - memiliki pengetahuan pengelolaan keuangan - mampu membuat keputusan - mampu membuat keputusan dan menganalisis konsekuensi keputusan - mampu menyelesaikan masalah dalam usaha.
    • - melakukan analisis swot - memahami konsep pemasaran - menjelaskan perkembangan dan peranan pemasaran - membuat rencana pemasaran - membuat strategi pemasaran
    • - menjelaskan perspektif kewirausahaan. - menganalisis perbedaan antara pengusaha, wirausahawan dan penemu - membedakan antara wirausahawan dan manajer, dan juga pekerja. - menjelaskan kualitas dan karakteristik wirausahawan yang sukses - wirausahawan dilahirkan, dicetak atau lingkungan - menjelaskan manfaat mempelajari kewirausahaan menganalisis kreatifitas dan inovasi yang berhubungan dengan kewirausahaan dilingkungan sekitar menganalisis kreatifitas dan inovasi yang berhubungan dengan kewirausahaan dilingkungan sekitar soft skill penyelesaian masalah soft skill penyelesaian masalah manajemen pemasaran dan bagaimana mempromosikan bisnis - manajemen pemasaran dan bagaimana mempromosikan bisnis - memiliki pengetahuan pengelolaan keuangan - mampu membuat keputusan - mampu membuat keputusan dan menganalisis konsekuensi keputusan - mampu menyelesaikan masalah dalam usaha. - melakukan analisis swot - memahami konsep pemasaran - menjelaskan perkembangan dan peranan pemasaran - membuat rencana pemasaran - membuat strategi pemasara
    • - tujuan menjadi wirausahawan - pengertian usaha kecil - jenis-jenis usaha kecil - memulai usaha kecil - masalah yang dihapi usaha kecil - sebab-sebab kegagalan usaha - latihan membaca peluang usaha - membuat analisis swot dari usaha kecil yang sudah diamati.
    • - membuat inovasi dan menyusun bisnis plannya - mempresentasikan bisnis plan yang dibuat
    • - mengaplikasikan bisnis plan yang sudah dibuat.

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30