Teori akuntansi

S1 Akuntansi

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekalimahasiswa dengan rerangka teoretis akuntansi keuangan sehingga mahasiswa mampu menjelaskanmengapa praktik akuntansi berjalan seperti sekarang. Mata kuliah ini jugamembahas proses penalaran dalam membentuk rerangka konseptual yang menjadilandasan praktik akuntansi seperti, aset dan pengukurannya, kas dan arus kas,ekuitas pemilik, konsep laba, pendapatan dan beban.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • SIKAP1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S1); 2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2) 3) Memiliki jati diri bangsa (S3) 4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila (S4); 5) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S5); 6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S6); 7) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S7); 8) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S8); 9) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S9); 10) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S10); 11) Mampu menerapkan prinsip-prinsip etika dalam profesi dibidang akuntansi dan keuangan (S12)
  • Keterampilan Umum1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora (KU1); 2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2); 3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik (KU3); 4) Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4); 5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5); 6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya(KU6); 7) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya (KU7); 8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8); 9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9); 10) Mampu mengkombinasikan kompetensi teknikal dan keahlian profesional untuk menyelesaikan penugasan kerja(KU10); 11) Mampu mempresentasikan informasi dan mengemukakan ide dengan jelas, baik secara lisan maupun tertulis, kepada pemangku kepentingan(KU11)
  • Pengetahuan1) Menguasai konsep teoritis dan praktis tentang: a) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan 2) Menguasai prinsip dasar tentang: a) Bisnis
  • Keterampilan Khusus1) Mampu menerapkan Standar Akuntansi Keuangan atau standar lain yang relevan terhadap transaksi-transaksi atau peristiwa lainnya
  • Pokok Bahasan

    • 2.1 menjelaskan pemikiran mengenai teori 2.1 menjelaskan pemikiran mengenai konsep 2.2 menjelaskan menangani hipotesis 2.2 menjelaskan kontes penemuan
    • 4.1 menjelaskan hakikat standar akuntansi 4.2 menyebutkan tujuan penetapan standar
    • Menyebutkan entitas-entitas yang berkepentingan dengan standar akuntansi menyebutkan pihak-pihak yang berwenang menetapkan standar menjelaskan legitimasi proses penetapan standar menjelaskan standar akuntansi yang berlebihan menjelaskan adanya pilihan dalam akuntansi menjelaskan strategi penetapan standar bagi negera-negara berkembang
    • 6.1 menyebutkan klasifikasi dan konflik kepentingan 6.1 menjelaskan perumusan tujuan laporan keuangan 6.2 menjelaskan kerangka konseptual 6.2 menyebutkan laporan-laporan lain 6.3 menjelaskan taksonomi krakteristik normatif yang harus dicerminkan oleh pernyataan-pernyataan akuntansi
    • 7.1 menyebutkan dan menjelaskan karakteristik aset 7.2 mengukur dan menentukan kos aset pada saat pemerolehan. 7.3 menyebutkan dan menjelaskan berbagai dasar atau atribut penilaian aset. 7.4 menjelaskan konsep penilaian aset. 7.5 menjelaskan dan membedakan nilai masukan dan nilai keluaran. 7.6 menyebutkan prinsip penilaian aset menurut fasb. 7.7 menjelaskan teori yang berkaitan dengan sewaguna dan kos bunga. 7.8 menjelaskan penyajian pos-pos aset dalam neraca.
    • 9.1 menjelaskan pengertian ekuitas secara formal dan semantik. 9.2 membedakan makna kewajiban dan ekuitas . 9.3 menyebutkan komponen-komponen ekuitas dan sumber perubahannya. 9.4 membedakan modal setoran dan modal bentukan. 9.5 menyajikan komponen-komponen ekuitas dalam statemen keuangan dan konsep-konsep yang mendasarinya. 9.6 menjelaskan aspek teoretis sumber-sumber penyebab perubahan ekuitas. 9.7 menjelaskan konsep laba komprehensif dan cara penyajiannya.
    • 10.1 mendefinisi laba secara struktural dan semantik. 10.2 menyebutkan tujuan pelaporan laba. 10.3 mengidentifikasi kelemahan laba akuntansi konvensional. 10.4 membedakan laba akuntasi dan laba ekonomik. 10.5 menyebut dan menjelaskan berbagai interpretasi laba dalam tataran semantik, sintaktik, dan pragmatik. 10.6 menyebutkan dan menjelaskan jenis capital serta pengukurannya 10.7 menjelaskan makna laba atas dasar konsep pemertahanan kapital. 10.8 menjelaskan teori entitas dan implikasinya terhadap pengertian laba.
    • 11.1 menyebut dan menggambarkan masalah teoretis pendapatan. 11.2 menjelaskan pengertian pendapatan. 11.3 menyebut dan menjelaskan karakteristik pendapatan. 11.4 menjelaskan landasan pikiran dan kriteria pengakuan pendapatan. 11.5 menyebut dan menjelaskan saat pengakuan pendapatan. 11.6 menjelaskan pengakuan pendapatan jasa. 11.7 menjelaskan prosedur pengakuan pendapatan secara teknis.
    • 12.1 menjelaskan pengertian biaya. 12.2 menyebut dan menjelaskan karakteristik biaya. 12.3 menjelaskan landasan pikiran dan kriteria pengakuan biaya. 12.4 menyebut dan menjelaskan basis asosiasi antara biaya dan pendapatan. 12.5 menyebut dan menjelaskan saat pengakuan biaya. 12.6 menjelaskan masalah-masalah penandingan yang berkaitan dengan: sediaan, fasilitas fisis, tanah, aset takberwujud, dan sumber alam. 12.7 menyusun statemen laba-rugi dengan penyajian yang layak.
    • 13.1 menjelaskan pendekatan positif 13.2 menjelaskan hipotesis perataan laba 13.3 menjelaskan manajemen laba 13.4 menjelaskan status akuntansi yang bersifat paradigma
    • 14.1 menjelaskan relevansi konsep laba 14.2 menjelaskan konsep tradisional tentang laba 14.3 menjelaskan hakikat dari konsep ekonomi tentang laba 14.4 menjelaskan konsep-konsep pemeliharaan modal 14.5 menjelaskan konsep-konsep nilai saat ini
    • 15.1 menjelaskan prespektif peneliti-peneliti akuntansi 15.2 menjelaskan prespektif metodologi akuntansi 15.3 menjelaskan prespektif ilmu akuntansi 15.4 menjelaskan prespektif penelitian ilmu akuntansi 15.5 menjelaskan prespektif pada penelitian akuntansi 15.6 menjelaskan fondasi intelektual dalam akuntansi
    • Kuis dan review
    • 3.1 menjelaskan berbagai gambaran hakikat akuntansi 3.1 menjelaskan penyusunan dan verifikasi teori 3.2 menjelaskan hakikat teori akuntansi 3.2 menjelaskan metodologi dalam perumusan teori akuntansi 3.3 menjelaskan berbagai pendekatan untuk perumusan teori akuntansi 3.3 menjelaskan pendekatan selektif untuk perumusan teori akuntansi
    • 1.1 menjelaskan evolusi pembukuan pencatatan berpasangan 1.2 menjelaskan perkembangan prinsip-prinsip akuntansi 1.1 membedakan akuntansi dan kapitalisme 1.4 menjelaskan relevansi sejarah akuntansi 1.3 menjelaskan isu-isu akuntansi internasional

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30