perencanaan program latihan cabang olahraga panahan

S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Mata kuliah yang mengkaji tentang kaitan ilmu utama dunia kepelatihan olahraga dengan cabang olahraga panahan. Selain itu juga membahas tentang implementasi ilmu utama kepelatihan olahraga pada cabang olahraga panahan. Perkuliahan dilaksanakan dengan dengan berbagai metode antara lain presentasi, diskusi, tugas tertulis, tugas proyek, demonstrasi, praktek lapangan dan refleksi.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • 1. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung pemahaman tentang kepelatihan olahraga pada cabang panahan II.
  • 2. Menguasai teori dan konsep tentang ilmu penunjang kepelatihan panahan dan mampu membuat simpulan dan kaitan antara ilmu penunjang tersebut dengan kepelatihan panahan II.
  • 3. Mengambil keputusan dalam mengimplementasikan ilmu penunjang kepelatihan II menjadi produk yang dapat digunakan dalam proses melatih panahan.
  • 4. Bertanggungjawab dan disiplin secara individu serta mampu bekerjasama dalam kelompok dalam kepelatihan cabang olahraga panahan II.
  • Pokok Bahasan

    • Mahasiswa dapat menjelaskan kontrak perkuliahan yang berlaku mahasiswa dapat menjelaskan gambaran umum perkuliahan kepelatihan cabang olahraga panahan ii mahasiswa bertanggungjawab terhadap kesepakatan kontrak perkuliahan yang berlaku
    • · mahasiswa dapat menjelaskan jenis tes untuk atlet panahan · mahasiswa dapat menjelaskan jenis pengukuran untuk atlet panahan · mahasiswa dapat memutuskan jenis tes dan pengukuran olahraga yang tepat bagi atlet panahan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada mahasiswa dapat menjelaskan jenis pengukuran denyut nadi dan skor memanah pada atlet panahan
    • · mahasiswa dapat menjelaskan beragam fase dalam belajar motorik · mahasiswa secara cerdas dapat menjelaskan beragam fase motorik tersebut dikaitkan dengan situasi nyata panahan mahasiswa dapat memberikan contoh beragam aktivitas panahan sesuai dengan masing-masing tahapan belajar motorik
    • · mahasiswa dapat menjelaskan pembagian pijat olahraga · mahasiswa dapat menjelaskan teknik pijat bola tenis · mahasiswa dapat menjelaskan jenis teknik pijat swedia · mahasiswa dapat memutuskan jenis pijat olahraga yang tepat bagi atlet panahan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada
    • · mahasiswa dapat menjelaskan tentang hidrasi · mahasiswa dapat menjelaskan tentang dehidrasi · mahasiswa dapat menjelaskan manfaat pentingnya hidrasi bagi atlet · mahasiswa dapat menjelaskan indikator hidrasi atlet melalui warna urine mahasiswa dapat menyusun sistem atau pola agar atlet memiliki hidrasi yang baik selama olahraga
    • · mahasiswa dapat menjelaskan pertanyaan pada diri sendiri terkait pola komunikasi pada atlet · mahasiswa dapat menjelaskan jenis bahasa non verbal · mahasiswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang menghalangi komunikasi yang positif · mahasiswa dapat menjelaskan prinsip komunikasi efektif mahasiswa dapat memberikan contoh bentuk komunikasi efektif dalam beragam situasi lapangan
    • · mahasiswa dapat menjelaskan jenis motivasi atlet · mahasiswa dapat menjelaskan tentang kepercayaan diri · mahasiswa dapat menjelaskan tentang penyusunan tujuan (goal setting) · mahasiswa dapat menjelaskan tentang afirmasi diri · mahasiswa dapat menjelaskan tentang mental imagery/visualisasi · mahasiswa dapat menjelaskan tentang meditasi · mahasiswa dapat menjelaskan cara melatih fokus · mahasiswa dapat menjelaskan tentang latihan menghadapi gangguan mahasiswa dapat memutuskan jenis latihan mental yang tepat bagi atlet panahan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada
    • · mahasiswa dapat hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi perlombaan panahan · mahasiswa dapat menjelaskan kelengkapan administrasi yang harus dipersiapkan oleh atlet panahan mahasiswa dapat menyusun pola/sistem untuk melengkapi persiapan perlombaan panahan dengan baik
    • · mahasiswa dapat menjelaskan peluang usaha yang berkaitan dengan panahan · mahasiswa dapat menyusun analisis swot terkait dengan peluang usaha yang berkaitan dengan dunia panahan tersebut · mahasiswa dapat membaca tren masyarakat untuk dikaitkan dengan peluang bisnis panahan mahasiswa dapat memutuskan usaha yang berkaitan dengan panahan yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang dimilikinya
    • Review materi pertemuan i-xiv

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30