Matematika Ipa

S1 Pendidikan Sains

Matakuliah ini membahas tentang pemahaman dan penerapan konsep matematika dasar dalam bidang IPA, khususnya penerapan model-model matematika (vektor, matrik, diferensial, integral, dan persamaan diferensial) dalam IPA dan penentuan solusinya secara analitik untuk mendukung pengembangan kompetensi IPA dan terapannya. Pembelajaran dilakukan dengan strategi tanya jawab Socrates, analisis kasus.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • · Memanfaatkan IPTEKS untuk menelusuri data dan informasi tentang matematika IPA serta pemanfaatannya, serta sebagai alat bantu untuk mengkomunikasikan hasil penelusurannya.
  • · Menganalisis gejala-gejala sains dengan menerapkan matematika untuk pemecahan masalah yang relevan.
  • · Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi melalui analisis gejala sains dengan terapan matematika.
  • · Bertanggungjawab terhadap pembelajaran diri, tugas, dan kesepakatan dengan rekannya.
  • Pokok Bahasan

    • Mengidentifikasi sifat-sifat operasi vektor.menerapkan konsep vektor dengan menggunakan operasipenjumlahan, pengurangan, perkalian vektor pada persoalan yag berkaitan dengan fenomena sains. menyelesaikan pemecahan masalah sains dengan menggunakan operasi vektor.dapat menggunakan tik untuk mencari solusi permasalahan ipa yang menggunakan solusi vektor.
    • Mengidentifikasi sifat-sifat operasi vektor.menerapkan konsep vektor dengan menggunakan operasipenjumlahan, pengurangan, perkalian vektor pada persoalan yag berkaitan dengan fenomena sains. menyelesaikan pemecahan masalah sains dengan menggunakan operasi vektor.dapat menggunakan tik untuk mencari solusi permasalahan ipa yang menggunakan solusi
    • Mengidentifikasi sifat sifat operasi matriks.menerapkan konsep matriks dengan menggunakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,determinan matriks pada persoalan yag berkaitan dengan fenomena sains. menyelesaikan pemecahan masalah sains dengan menggunakan metode matriks melalui metode reduksi, cramer, dan invers.dapat menggunakan tik untuk mencari solusi permasalahan ipa yang menggunakan solusi matriks.
    • Menjelaskan bentuk diferensial dari berbagai bentuk fungsi.menerapkan konsep diferensial dengan menggunakan fungsi tertentu pada persoalan yag berkaitan dengan fenomena sains. menyelesaikan pemecahan masalah sains dengan menggunakan diferensial.dapat menggunakan tik untuk mencari solusi permasalahan ipa yang menggunakan solusi diferensial.
    • Indikator bahan kajian (vektor, matriks, diferensial)
    • Menjelaskan bentuk integral dari berbagai bentuk fungsi.menerapkan konsep integral dengan menggunakan fungsi tertentu pada persoalan yag berkaitan dengan fenomena sains. menyelesaikan pemecahan masalah sains dengan menggunakan integral.dapat menggunakan tik untuk mencari solusi permasalahan ipa yang menggunakan solusi integral.
    • Menjelaskan bentuk persamaan diferensial dari berbagai bentuk fungsi.menjelaskan bentuk persamaan diferensial biasa (pdb) berbagai bentuk fungsi dengan cara solusi umum dan khusus. menerapkan konsep persamaan diferensial biasa dengan menggunakan fungsi tertentu pada persoalan yag berkaitan dengan fenomena sains.menyelesaikan pemecahan masalah sains dengan menggunakan pdb. dapat menggunakan tik untuk mencari solusi permasalahan ipa yang menggunakan solusi pdb.

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30