Hak Asasi Manusia

S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Pemahaman dan pengkajian materi tentang hakikat hak asasi manusia, pengertian, sejarah perkembangan dan pelaksanaan HAM di dunia dan Indonesia. Proses belajar dan mengajar di kelas menggunakan metode yang bervariasi, termasuk ceramah, pemutaran film dan dokumenter, tugas individu, Tugas pengamatan lapangan, diskusi kelompok, presentasi, dan lain-lain. Mahasiswa ditantang berpartisipasi aktif di kelas.Untuk mendukung partisipasi tersebut, mahasiswa harus membaca bahan-bahan bacaan yang telah disediakan.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Memanfaatkansumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran HAM dengan mengakses informasi tentang HAM
  • Menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang HAM
  • Membuat keputusan menganalisa berbagai masalah yang berkaitan dengan HAM
  • Memiliki sikap bertanggungjawa batas pemikiran kritis berbagai masalah yang berkaitan dengan HAM
  • Pokok Bahasan

    • - dapat menganalisis kebebasan individu - dapat mendeskripsikan tentang kebebasan kolektif - dapat menjelaskan ham yang melekat pada kodrat manusia
    • - dapat menjelaskan pengertian ham . - dapat menganalisis istilah-istilah ham yang dipergunakan oleh berbagai bangsa dan negara - dapat mendeskripsikan prinsip-prinsip dasar ham
    • - dapat mendeskripsikan sejarah ham - dapat menjelaskan periode-periode perkembangan ham : piagam madinah, magna charta, petition of right, bill of rights, declaration of independence amerika, declaration des droit de l’homme et du citoyen perancis, universal declaration of human rights, konvensi eropa, kovenan internasional
    • - dapat menganalisis ham dalam perspektif agama - dapat membandingkan ham dan relavitas budaya - dapat membandingkan ham dalam politik internasional
    • - dapat menjelaskan hak asasi pribadi, ekonomi, untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum, untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak asasi sosial dan budaya, serta hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan - dapat memberikan contoh konkrit dalam kehidupan sehari-hari tentang hak asasi pribadi, ekonomi, untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum, untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak asasi sosial dan budaya, serta hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan
    • - dapat menjelaskan strategi sosialisasi ham di tengah masyarakat - dapat menjelaskan peran institusi penegakan ham dan lsm
    • - dapat menjelaskan status kewarganegaraan seseorang - dapat menganalisis keterikatan warganegara terhadap segala ketentuan yang dibuat negara
    • - dapat menyebutkan instrumen internasional dan nasional yang telah diratifikasi - dapat membandingkan internasional covenant on civil and political rightdengan international covenant on economic, social, and cultural right - dapat mendeskripsikan instrumen nasional ham yaitu uu no 39/1999 dan uu no 26/2000
    • - dapat menganalisis ham pada periode uuds 50 - dapat menganalisis ham pada periode konstituante 1957-1959 - dapat menjelaskan ham pada orde baru - dapat menjelaskan ham pada era reformasi - dapat menjelaskan ham pada - menganalisis kasus-kasus pelanggaran ham dalam keluarga - menganalisis kasus pelanggaran ham dalam masyarakat - menganalisis kasus pelanggaran yang dilakukan negara terhadap warga negara
    • - dapat menganalisis kasus-kasus pelanggaran ham dalam keluarga - dapat menganalisis kasus pelanggaran ham dalam masyarakat - dapat menganalisis kasus pelanggaran yang dilakukan negara terhadap warga negara
    • - menganalisis fungsi dan implementasi konvensi hak anak - menganalisis fungsi dan implementasi konvensi tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap wanita (cedaw) - menganalisis fungsi dan implementasi konvensi tentang penyiksaan (the troture convention).

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30