Metodologi Penelitian Pendidikan

S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Deskripsi Mata Kuliah: Pengkajian rancangan penelitian pendidikan dengan konsep pendekatan kualitatif dan kuantitatif, berbagai metode penelitian, serta prosedur penelitian melalui kegiatan pertemuan kelas, latihan laboratoris, dan simulasi untuk menghasilkan rancangan penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia di sekolah untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya prodi.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • CapaianPembelajaran MataKuliah/Kompetensi:
  • Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu pengembangan rancangan penelitian pendidikan dengan konsep pendekatan kualitatif dan kuantitatif, berbagai metode penelitian, serta prosedur penelitian.
  • Menguasai konsep pengembangan rancangan penelitian pendidikan dengan konsep pendekatan kualitatif dan kuantitatif, berbagai metode penelitian, serta prosedur penelitian.
  • Mengambil keputusan strategis dalam merancangan penelitian pendidikan dengan konsep pendekatan kualitatif dan kuantitatif, berbagai metode penelitian, serta prosedur penelitian.
  • Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan penelitian pendidikan.
  • Pokok Bahasan

    • Menjelaskan hakikat topik, judul, masalah, tujuan, dan manfaat penelitian pendidikan
    • Merumuskan topik, judul, masalah, tujuan, dan manfaat penelitian pendidikan
    • Menjelaskan hakikat penelitian dan fungsi pemelitian pendidikan
    • Mampu mengembangkan proposal bagian i (topik, judul, latar belakang, masalah, tujuan, dan manfaat penelitian pendidikan)mempresentasikan proposal bagian i
    • Menjelaskan hakikat penelitian terdahulu yang relevanmenggunakan ipteks untuk mencari hasil penelitian terdahulu dari sumber internet atau jurnal online meringkas hasil penelitian terdahulumempresentasikan hasil rigkasan
    • Mengumpulkan bagian 1 proposal penelitian pendidikan
    • Menulis sub-subjudul teori yang relevanmengembangkan sub-subudul berdasarkan hasil baca teori yang relevanmempresentasikan kajian teori
    • Mengidentifikasi pendekatan penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran
    • Memahami konsep jenis-jenis penelitian pendidikan menerapkan konsep jenis-jenis penelitian pendidikan
    • Menyusun bagian ii proposal penelitian (penelitian terdahulu yang relevan dan kajian teori)
    • Mengidentifikasi hakikat sumber data dan data, populasi dan sampel, subjek dan latar penelitian, teknik sampling menerapkan kan sumber data dan data, populasi dan sampel, subjek dan latar penelitian, teknik sampling dalam proposal penelitian yang disusun
    • Menjawab atau mengerjalan soal atau tugas dengan benar

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30