Pembelajaran Inovatif 1

S1 Pendidikan Biologi

Kajian tentang model-model pembelajaran dengan arahan ( direct instruction ), pemerolehan konsep ( concept attainment model ), pembelajaran bermakna ( meaningful learning ), dan diskusi ( discussion model of learning ), pembelajaran berorientasi SET, serta strategi-strategi belajar ( learning strategies ). Pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Mewujudkan karakter mandiri dan jujur dalam melaksanakan tugas-tugas terkait pembelajaran inovatif I
  • Mampu mengambil keputusan dalam merancang pembelajaran inovatif yang berpusat pada guru yang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karakteristik siswa
  • Menguasai konsep tentang karakteristik model-model pembelajaran dan strategi pembelajaran yang termasuk dalam kelompok Pembelajaran Inovatif I
  • Memiliki keterampilan menerapkan model/strategi pembelajaran inovatif yang telah dirancangnya secara bertanggung jawab di dalam forum peer teaching
  • Pokok Bahasan

    • Menjelaskan karakteristik model pembelajaran direct instruction (di)menjelaskan teori yang mendukung model pembelajaran direct instruction (di)menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd
    • Dapat membuat keputusan ditandai dengan terampil mengembangkan perangkat pembelajaran model direct instruction (di) dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Menjelaskan karakteristik perangkat pembelajaran learning strategy (ls).menjelaskan langkah-langkah pembelajaran learning strategy (ls).menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Menjelaskan karakteristik perangkat pembelajaran model direct instruction (di).menjelaskan langkah-langkah pembelajaran model direct instruction (di)menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Menjelaskan karakteristik pembelajaran learning strategy (ls).menjelaskan teori yang mendukung learning strategy (ls).menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Dapat membuat keputusan ditandai dengan terampil mengembangkan perangkat pembelajaran learning strategy (ls) dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan. menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Menjelaskan karakteristik model pembelajaran diskusi.menjelaskan karakteristik perangkat pembelajaran model pembelajaran diskusi.menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Menjelaskan karakteristik model pembelajaran concept attainment model (cam).menjelaskan teori yang mendukung model pembelajaran concept attainment model (cam).menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Menjelaskan karakteristik perangkat model pembelajaran concept attainment model (cam).menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran concept attainment model (cam).menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd . .
    • Dapat membuat keputusan ditandai dengan terampil mengembangkan perangkat pembelajaran model pembelajaran concept attainment model (cam) dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan.menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Menjelaskan karakteristik pembelajaran meaningful verbal learning (mvl).menjelaskan teori yang mendukung pembelajaran meaningful verbal learning (mvl).menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Menjelaskan karakteristik perangkat pembelajaran meaningful verbal learning (mvl).menjelaskan langkah-langkah pembelajaran learning strategy (ls). menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Dapat membuat keputusan ditandai dengan terampil mengembangkan perangkat pembelajaran meaningful verbal learning (mvl) dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan,menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.
    • Menjelaskan karakteristik pembelajaran berorientasi sets.menjelaskan karakteristik perangkat pembelajaran berorientasi sets.menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran menggunakan lppd.