Teknik Komunikasi

D3 Tata Boga

Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar komunikasi, komunikasi dalam oganisasi dan tim kerja, komunikasi bisnis lintas budaya, komunikasi melalui penulisan pesan bisnis, komunikasi melalui surat, komunikasi tentang pekerjaan, komunikasi melalui laporan/proposal, rilis berita bisnis melalui media tulis dan elektronik; pengetahuan faktual tentang berbagai peraturan/regulasi dalam komunikasi (manual dan elektronik), dan tentang jenis serta regulasi bisnis makanan lingkup usaha kecil menengah dan lokal; terampil berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif dalam lingkungan kerja atau bisnis (korespondensi, pelaporan/proposal, rapat, rilis berita); serta mampu menginternalisasi nilai-nilai moral, etika, nilai-nilai profesional dalam kegiatan komunikasi kerja atau bisnis.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Mampu memecahkan masalah komunikasi dalam organisasi kerja (bisnis) didasarkan atas pemikiran logis, bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
  • Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur, melakukan proses evaluasi diri dan kelompok kerjanya, serta menemukan upaya-upaya pengembangan kompetensi kerjanya secara mandiri
  • Mampu berkomunikasi secara efektif dalam upaya penyampaian persoalan kerja di bidang bisnis kuliner dan upaya penyelesaiannya.
  • Mampu mempresentasikan suatu rancangan kerja dalam rangka memenangkan kompetisi bisnis
  • Mampu mensupervisi suatu tim kerja dalam bidang bisnis kuliner
  • Mampu melakukan komunikasi tentang pekerjaan, meliputi penulisan resume dan lamaran kerja, wawancara kerja, presentasi bisnis, dan negosiasi secara
  • Mampu melakukan pelaporan melalui: rapat bisnis, penulisan laporan (bisnis, singkat, formal; proposal, dan rilis berita)
  • Mampu melakukan komunikasi melalui teknologi informasi, meliputi: penyusunan resume tentang kualfikasi yang diperlukan untuk berbagai job application, pengembangan bisnis dan interviewing
  • Mampu memahami konsep dasar komunikasi, komunikasi dalam oganisasi dan tim kerja, komunikasi bisnis lintas budaya, komunikasi melalui penulisan pesan bisnis, komunikasi melalui surat, komunikasi tentang pekerjaan, komunikasi melalui laporan/proposal, Rilis berita bisnis melalui media tulis dan elektronik.
  • Pengetahuan faktual tentang berbagai peraturan/regulasi dalam komunikasi (manual dan elektronik)
  • Pengetahuan factual tentang jenis dan regulasi bisnis makanan lingkup usaha kecil menengah dan local.
  • Mampu menunjukkan nilai-nilai sosial dalam menjalankan tugas berdasar agama, moral, dan etika
  • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungannya
  • Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Mampu menunjukkan sikap terpercaya (berintegritas), responsif, professional sesuai dengan Global Code of Ethic of Tourism, dan berkepribadian Indonesia
  • Pokok Bahasan

    • Memahami rancangan pembelajaran, tugas dan beberapa ketentuan penting dalam perkuliahan mata kuliah teknik komunukasi selama satu semester
    • Menjelaskan konsep dasar komunikasi, meliputi: a. pengertian dan pentingnya komunikasi, b. komponen komunikasi, c. model dan proses komunikasi, d. terjadinya kesalahpahaman kmnikasi, e. terjadinya komunikasi efektif, secara mandiri, percaya diri, sopan dan bertanggung jawab
    • Terampil merilis berita bisnis kuliner secara mandiri, percaya diri, teliti dan bertanggung jawab serta mampu mengkomunikasikan kepada orang lain
    • Mampu menjelaskan dan melakukan kegiatan:penulisan surat lamaran kerjapenulisan resumewawancara kerja
    • Mendefinisikan pengertian komunikasi antarpribadi.menjelaskan hubungan antar pribadi dalam bisnismenjelaskan interpersonal skillmenjelaskan aliran komunikasi dalam organisasimenjelaskan teknologi komunikasi dalam organisasi kerja
    • Menjelaskan dinamika komunikasi dalam organisasi kerja secara jujur, mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab serta mampu mengkomunikasikan kepada orang lain
    • Menjelaskan cara merencakan pesan bisnismenjelaskan cara mengorganisir pesan bisnismelakukan revisi pesan
    • Mampu menjelaskan dan melakukan penulisan direct requestpenulisan permintaan pesan rutin dan positifpenulisan berita burukpenulisan pesan persuasive dasar-dasar korespondensi bisnis, secara benar dan bertanggung jawab
    • Menjelaskan pengertian komunikasi bisnis lintas budayamenjelaskan pentingnya kominkasi bisnis lintas budayamengidentifikasi persiapan melakukan bisnis luar negeri mengidentifikasi kendala bahasa mampu mengembangkan keterampilan komunikasi lintas budaya
    • Menjelaskan teknik pembuatan laporan/ proposal bisnismampu membuatan laporan/ proposal bisnis

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30