Strategi Pembelajaran

S1 Pendidikan Teknik Bangunan

Pemahaman konsep tentang deskripsi batasan dan pengertian strategi belajar, guru yang berhasil secara teoritik dan empirik berupa keterampilan dasar mengajar, konsep model, metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran inovatif di SMK, meliputi model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran berdasarkan masalah, pembelajaran kontekstual, proyek, e-learning, dan MPBM termasuk berbagai jenis strategi-strategi belajar.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Mahasiswa memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
  • Mahasiswa mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan mahasiswa
  • Mahasiswa mampu memahami konsep pembelajaran, strategi belajar dan berbagai model pembelajaran, dapat mendiskusikan dan memilih strategi belajar-mengajar dan model-model pembelajaran untuk menerapkan kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan di kelas.
  • Mampu mengembangkan diri dan berfikir secara logis dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara profesional dibidang Pendidikan Teknik Bangunan.
  • Pokok Bahasan

    • Membedakan pengelolaan pembelajaran dan pengelolaan kelas menjelaskan prinsip manejemen kelas yang efektifmengembangkan lingkungan kelas yang kondusifmenjelaskan pendekatan dalam pengelolaan kelas.menjelaskan guru sebagai pemimpin di kelas
    • Menjelaskan pengertian pendekatan pembelajaranmengidentifikasi macam-macam pendekatan pembelajaran.menganalisis pendekatan pembelajaran efektif. memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran teknik bangunan
    • Menjelaskan model pembelajaran bruce j dan marsha well menjelaskan model pembelajaran kontektualmenjelaskan model pembelajaran kooperatifmenjelaskan model pembelajaran kuantummenjelaskan model pembelajaran tematikmenjelaskan model pembelajaran colaboatif menjelaskan model pembelajaran paikem
    • Mahasiswa dapat:membedakan model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaranmenjelaskan faktor2 yang mempengaruhi strategi pembelaj.mengklasifikasikan strategi pembelaj. menjelaskan teori belajar: behavioristik, kognitivisme, konstruktivisme, humanismmembedakan pengelolaan pembelajaran dan pengelolaan kelasmenjelaskan prinsip manejemen kelas yang efektif mengembangkan lingkungan kelas yang kondusifmenjelaskan pendekatan dalam pengelolaan kelasmengidentifikasi cara-cara membuka pelajaran, menjelaskan, dan menutup pelajaran yang efektif menganalisis dan memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran teknik bangunan
    • Menjelaskan pengertian metode pembelajaranmenjelaskan faktor2 dalam menentukan metode pembelajaranmenjelaskan pengertian dan mengidentifikasi pembelajaran berdasarkan masalah.menjelaskan konsep dasar ctl.menjelaskan komponen2 ctlmendeskripsikan model pembelajaran langsung (explicit instruction)menganalisis langkah-langkah model pembelajaran langsung (explicit instruction)mendeskripsikan pembelajaran kooperatifmenganalisis langkah-langkah model pembelajaran kooperatifmengidentifikasi keunggulan dan kelemahan pembelajarn kooperatif menyebutkan ciri-ciri strategi dan model-model pembelajaran mendeskripsikan strategi dan model-model pembelajaran menganalisis langkah-langkah strategi dan model2 pembelajaran mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan strategi dan model-model pembelajarandll.
    • Menyebutkan ciri-ciri model pembelajaran kooperatif mendeskripsikan pem-belajaran kooperatifmenganalisis langkah-langkah model pembelajaran kooperatif mengidentifikasi keung-gulan dan kelemahan pembelajarn kooperati
    • Menjelaskan pengertian model pembelajaran.mengidentifikasi macam-macam model pembelajaranmenganalisis model pembelajaran efektif. memilih model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran teknik bangunan
    • 1. menyebutkan ciri-ciri strategi dan model-model pembelajaran 2. mendeskripsikan strategi dan model-model pembelajaran 3. menganalisis langkah-langkah strategi dan model2 pembelajaran mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan strategi dan model-model pembelajaran
    • Menjelaskan pengertian penelitian berbasis strategi pembelajaran.mengidentifikasi permasalahan pembelajaran dalam penelitianmermuskan masalah pembelajaran dalam penelitian
    • Menyebutkan ciri-ciri model pembe-lajaran langsung (explicit instruction)mendeskripsikan model pembelajaran langsung (explicit instruction)menganalisis langkah-langkah model pembelajaran langsung (explicit instruction)mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan model pembelajaran langsung
    • Mahasiswa dapat menjelaskan dan tentang keterampilan dasar mengajar (1), meliputi:keterampilan membuka pelajaranketerampilan menutup pelajaran
    • Mendiskripsikan prinsip-prinsip belajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran.menganalisis penerapan teori-teori belajar dalam pembelajaran sesuai dengan bidang studi.membandingkan paradigma behaviorisme dan konstruktivisme dalam pembelajaranmenganalisis karakteristik peserta didik smk mengacu pada teori belajar
    • Menjelaskanstrategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswastrategi pembelajaran ekspositoris dan strategi pembelajaran inkuiri strategi pembelajaran berbasis masalahstrategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dan pembelajaran kooperatifstrategi pembelajaran kontektual dan strategi pembelajaran afektif
    • Menjelaskan keterampilan membuka pelajaran, keterampilan menjelaskan, dan keterampilan menutup mengidentifikasi cara-cara membuka pelajaran, menjelaskan, dan menutup pelajaran yang efektif
    • Mahasiswa dapat:menjelaskan pengertian strategi pembelajaran,strategi mengajar dan strategi belajar, membedakan konsep tentang pendekatan, model pembelajaran, metode pembelajaran dan teknik pembelajaranmencari hubungan antar komponen-komponen pembelajaran menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi dan mengklasifikasikan strategi pembelajaran

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30