Telaah Kurikulum Sekolah

S1 Pendidikan Biologi

KAJIAN TENTANG pengertian kurikulum, perkembangan kurikulum biologi sekolah, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indikator ketercapaian, konsep-konsep esensial dan pembelajarannya, miskonsepsi dan strategi penanggulangan dengan memanfaatkan TIK. Matakuliah ini disajikan dalam bentuk teori dan penugasan.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK dalam menelaah kurikulum.
  • Memiliki pengetahuan tentang perkembangan kurikulum sekolah, prinsip-prinsip analisis kurikulum dan menguasai konsep-konsep biologi beserta pembelajarannya termasuk miskonsepsi dan strategi mengatasinya
  • Memiliki keterampilan untuk melakukan analisis kurikulum untuk menemukan indikator kompetensi, memilih materi termasuk keluasan dan kedalaman
  • Memiliki sikap bertanggung jawab yang tercermin dari hasil telaah kurikulum yang kritis dan teliti
  • Pokok Bahasan

    • 1. membandingkan pengertian kurikulum dari berbagai sumber 2. merumuskan pengertian kurikulum yang operasional 3. mengidentifikasi wujud dokumen kurikulum.
    • 1. mengidentifikasi landasan filosofis/teori kurikulum mulai kurikulum berbasis isi/tujuan (k-84, k-94) dan kbk (ktsp, dan k-13) 2. mengidentifikasi jenis pendekatan dan metode pembelajaran yg disarankan dalam dokumen kebijakan kurikulum
    • 1. menganalisi perbedaan kurikulum berbasis isi/tujuan dan kurikulum berbasis kompetensi 2. mendeskripsikan perbedaan aktivitas belajar mengajar dalam kurikulum berbasis isi/tujuan dan kurikulum berbasis kompetensi
    • 1. mengidentifikasi perubahan paradigma dari ktsp ke k-13 2. mengidentifikasi perubahan doku-men kebijakan kurikulum ktsp ke k-13 3. membandingkan pendekatan pembelajaran yg disarankan ktsp dan k-13 dalam sains 4. membandingkan sistem penilaian pembelajaran ktsp dan k-13
    • 1. mendeskripsikan hubungan antara skl, standar isi, ki dan kd 2. mendeskripsi-kan hubungan antara ki, kd dan indikator 3. menjabarkan kd menjadi indika-tor pencapaian kompetensi
    • 1. menjelaskan prinsip pende-katan saintifik 2. menjelaskan hubungan antara pendekatan saintifik dengan metode ilmiah, sikap ilmiah dan keterampilan ilmiah 3. mengidentifikasi metode-metode pembelajaran yang sesuai untuk implemen-tasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi 4. menjelaskan pengertian pembelajaran biologi 5. menemukan contoh rancangan pembelajaran yang mengimple-mentasikan pembelajaran saintifik
    • 1. menetapkan kd-kd terkait dari ki-1, ki-2, ki-3, dan ki-4 2. menyusun indiktator untuk masing-masing kd
    • 1. terampil menyusun silabus sesuai dengan kriteria dalam standar proses 2. terampil menjelaskan hasil penyusunan silabus secara lisan
    • Terampil merumuskan tujuan pembelajaran yang lengkap unsur- unsurnya
    • 1. terampil menetapkan metode/model pembelajaran sesuai prinsip desain pembelajaran 2. terampil menyusun langkah- langkah pembelajaran secara opera-sional sesuai pendekatan saintifik dan metode/model yang dipilih
    • Terampil menyusun rpp dengan format minimal mengikuti standar proses
    • 1. terampil menyusun bahan ajar (lks, handout) sesuai topik/kd 2. terampil menyusun instrumen penilaian sesuai indikator
    • 1. terampil menganalisis rpp dari aspek keterkaitan antar tujuan, metode, dan evaluasi 2. terampil menilai rpp dengan menggunakan rubrik penilaian rpp

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30