Teori Belajar

S1 Pendidikan Biologi

Kajian tentang cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivisme, dan teori pemotivasian siswa untuk belajar dan aplikasinya di dalam pembelajaran. Perkuliahan dilakukan melalui presentasi, penugasan dan analisis contoh-contoh kasus pembelajaran di kelas.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk memahami dan menerapkan teori belajar
  • Menguasai teori-teori belajar dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran
  • Membuat keputusan berdasarkan analisis contoh-contoh kasus pembelajaran di kelas dan memberikan ide-ide untuk memilih berbagai alternatif solusi masalah pembelajaran
  • Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran sesuai teori belajar yang relevan
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dalam menyampaikan gagasan tentang teori belajar
  • Mampu menerapkan teori motivasi berkaitan dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda, khususnya siswa yang berkebutuhasn khusus
  • Mampu menganalisis hasil-hasil penelitian terkait dengan teori belajar
  • Pokok Bahasan

    • Sesuai pertemuan 5 sd 7
    • Menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran perilaku membedakan istilah reinformcement, konsekwensi, pemantapan positif, pemanatapan negatif. memberikan contoh penerapan prinsip-prinsip pembelajaran perilaku dalam pembelajaran berdasarkan hasil penelitian
    • 1. menjelaskan revolusi kognitif dan pandangan kognitif tentang belajar dan bagaimana teori kognitif berbeda dari pandangan yang lain; 2. mendiskusikan asal usul pandangan kognitif kontemporer termasuk psikologi gestalt dan peran persepsi; 3. mendeskripsikan model pemerosesan informasi tentang belajar dan membedakannya dengan model “multistore” 4. menjelaskan teori skema; peran wawasan belajar 5. menghubungkan teori skema dengan strukturalisme kognitif dan menguji peran insightful learning dan meaningful learning 6. menjelaskan bentuk-bentuk penerapan teori kognitif di dalam kelas
    • Menjelaskan model pengolahan informasimendeskripsikan berbagai riset tentang otak
    • Menjelaskan penyebab orang ingat atau lupamenyebutkan cara-cara mengajarkan strategi memorimenyebutkan faktor-faktor yang membuat suatu informasi menjadi bermakna
    • Menjelaskan cara meningkatkan motivasi pencapaianmemberikan contoh penerapan motivasi pencapaian untuk membantu siswa mengatasi ketidakberdayaan
    • Menjelaskan cara kemampuan metakognitif membantu siswa belajarmenjelaskan strategi belajar untuk membantu siswa belajarmemberikan contoh penerapan strategi belajar dalam pembelajaran
    • Menjelaskan pandangan konstruktivis terhadap pembelajaranmembandingkan teori piaget dan teori vygotskymenjelaskan implikasi teori piaget dalam pembelajaranmenjelaskan implikasi teori vygotsky dalam pembelajaran
    • Mendeskripsikan cara menggunakan pembelajaran kooperatif dalam pembelajaranmemberikan contoh penerapan pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran
    • Mendeskripsikan cara mengajarkan keterampilan menyelesaikan masalah dan berpikirmemberikan contoh penerapan keterampilan menyelesaikan masalah dan berpikir dalam pembelajaran
    • Sesuai pertemuan 9 sd 11
    • Menjelaskan teori-teori motivasimemberikan contoh penerapan teori-teori motivasi dalam pembelajaran
    • Menjelaskan cara guru meningkatkan motivasi siswa belajarmemberikan contoh cara guru memberikan imbalan atas kinerja, upaya dan peningkatan siswa
    • Mendeskripsikan ide pokok teori belajar sosial albert banduramembedakan antara pengamatan langsung dan tidak langsungmenjelaskan 4 proses di dalam pembelajaran melalui pengamatanmembedakan notrial learning dengan vicarious learningmemberikan contoh penerapan teori belajar sosial dalam pembelajaran
    • Menjelaskan pengertian belajar, belajar sebagai proses, dan belajar sebagai produkmenjelaskan prinsip umum belajarmemberikan contoh perilaku sebagai hasil belajar dan bukan hasil belajar

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30