Fisiologi Tumbuhan

S1 Pendidikan Biologi

Fisiologi Tumbuhan mencakup tiga bahasan besar, yaitu: Konsep Tumbuhan dan lingkungannya; Konsep Metabolisme tumbuhan; Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan. Konsep Tumbuhan dan Lingkungan mempelajari hubungan antara tumbuhan dengan air, nutrisi mineral, dan transpirasi. Metabolisme tumbuhan mencakup enzim, respirasi, fotosintesis, metabolisme nitrogen, metabolisme lemak dan metabolisme sekunder. Pertumbuhan dan Perkembangan membahas mengenai kontrol gen terhadap pertumbuhan dan perkembangan, hormon tumbuhan, gerak, morfogenesis, fotoperiodisme, vernalisasi, dormansi dan senescens. Kajian Fisiologi Tumbuhan disertai dengan berbagai keterampilan proses ( minds on activity dan hands on activity ) yang akan digunakan untuk memecahkan masalah dalam bidang fisiologi tumbuhan dan aplikatifnya. Pembelajaran disampaikan dengan presentasi, diskusi, praktikum dan penugasan.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

1. Mewujudkan karakter mandiri dan jujur dalam melaksanakan tugas-tugas terkait Fisiologi Tumbuhan

1. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok dalam bidang Fisiologi tumbuhan.

1. Menguasai konsep teoritis tentang konsep fisiologi tumbuhan dan terapannya.

1. Terampil menerapkan konsep atau teori Fisiologi Tumbuhan yang telah dikuasai dalam memecahka berbagai masalah secara prosedural sesuai dengan bidang ilmunya.

1. Memiliki ketrampilan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip Fisiologi Tumbuhan secara bertanggung jawab dalam keseharian yang aman.

1. Memiliki jiwa kewirausahaan ( ecopreneurship ) , peneliti atau quality control terkait materi Fisiologi Tumbuhan yang dapat dikembangkan dan diterapkan.


Pokok Bahasan

  • A. mendeskripsikan mengenai konsep respirasi b. menentukan bagian-bagian dari mitokondria c. membedakan tahap-tahap mekanisme respirasi d. menentukan lokasi dari tahapan respirasi e. menjelaskan berbagai hipotesis terkait dengan fosforilasi oksidatif f. menghitung besarnya energi yang diperoleh dari pemecahan 1 molekul glukosa g. melakukan percobaan respirasi kecambah h. menyimpulkan faktor yang mempengaruhi repirasi i. membuat laporan hasil percobaan
  • A. mengidentifikasi keberadaan lemak pada tumbuhan b. menjelaskan pembentukan lemak dan degradasi lemak c. menjelaskan tahapan dalan daur glioksilat
  • A. membedakan lima kelompok hormon tumbuhan, yaitu auksin, giberelin, sitokinin, etilen dan asam absisat berdasarkan sintesis,aktivitas, pengangkutan di dalam tumbuhan dan fungsi terhadap pertumbuhan b. melakukan percobaan tentang pengaruh macam hormon terhadap pertumbuhan jaringan c. mengkaitkan hasil percobaan dengan fungsi hormon di dalam sel tumbuhan
  • A. menjelaskan tentang konsep gerak, fotoperiodisme, vernalisasi, fitokrom dan jam kerja biologi b. mengkaitkan konsep diatas dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan c. trampil melakukan percobaan tentang pengaruh hormon terhadap pemanjangan jaringan d. membuat laporan hasil percobaan
  • A. menjelaskan konsep potensial air, potensial osmostik, potensial turgor. b. trampil melakukan percobaan tentang potensial air dan potensial osmosis c. menghitung nilai po dan pa berdasarkan hasil percobaan d. menyimpulkan konsep potensial air, potensial osmostik, potensial turgor, dan konsep-konsep terkait berdasarkan hasil percobaan. e. mengkomunikasikan hasil percobaan potensial air dan potensial osmotik membuat laporan hasil percobaan tentang potensial air dan potensial osmosis f. membuat laporan hasil percobaan tentang potensial air dan potensial osmosis
  • A. menentukan komponen penyusun tanah b. membedakan unsur hara makro dan mikro dari segi fungsi, defisiensi, dan bentuk penyerapan (ion, senyawa dll) c. menjelaskan macam-macam transport pasif dan aktif d. membedakan transport pasif dan aktif
  • A. mengidentifikasi fungsi air dalam tumbuhan b. membedakan macam dan fungsi air tanah c. membedakan transport intra dan ekstra seluler d. menjelaskan faktor-faktor internal dan eksteral yang mempengaruhi penyerapan air pada tumbuhan e. menjelaskan mekanisme sirkulasi air pada tumbuhan f. mengidentifikasi bagian daun yang berperan di dalam proses transpirasi g. membedakan berbagai konsep tentang membuka menutupnya stomata pada tumbuhan h. melakukan percobaan yang menunjukkan proses transpirasi i. menghitung laju transpirasi pada tumbuhan j. menjelaskan pentingnya proses transpirasi bagi tumbuhan k. mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi transpirasi l. membuat laporan hasil percobaan
  • A. membedakan metabolisme primer dan metabolisme sekunder b. menjelaskan konsep dasar dan sifat-sifat enzim c. menjelaskan mekanisme bekerjanya enzim d. mengelompokkan enzim berdasarkan struktur dan penamaan e. menjelaskan distribusi enzim di dalam sel f. trampil melakukan percobaan yang menunjukkan pengaruh konsentrasi enzim terhadap laju reaksi g. menjelaskan pentingnya enzim bagi pengaturan metabolisme tumbuhan h. mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas enzim i. membuat laporan hasil percobaan j. menunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran berdasarkan lembar observasi
  • A. mendeskripsikan mengenai fotosintesis b. menentukan bagian-bagian dari kloroplas dan menentukan fungsi tilakoid dan stroma c. menentukan komponen dari fotosintesis d. menjelaskan mengenai fotosistem, resonansi induktif dan efek emerson e. membedakan fotosistem i dan ii f. membedakan fotofosforolasi siklik dan non siklik g. menjelaskan reaksi sintesis karbohidrat /reaksi gelap h. membedakan reaksi terang dan reaksi gelap berdasarkan substrat dan produk i. membedakan mekanisme jalur c2, c3, c4, dan cam j. menjelaskan mekanisme dan fungsi dari jalur pentosa phosphat k. menjelaskan mekanisme dan fungsi dari jalur glikosilat l. mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis m. trampil melakukan percobaan tentang kandungan klorofil pada berbagai umur daun n. trampil menggunakan alat spektrofotometer o. membuat laporan hasil percobaan
  • A. menjelaskan penambatan nitrogen oleh tumbuhan dengan melalui gambar b. menjelaskan mekanisme reduksi nitrat, nitrit dan pembentukan asam amino c. mendeskripsikan tahapan pembentukan bintil akar d. menjelaskan mekanisme perubahan n2 menjadi nh3 oleh bakteri rhizobium e. mengkaitkan konsep respirasi dan fotosintesis dengan asimilasi nitrat
  • A. membedakan konsep pertumbuhan dan perkembangan b. menjelaskan kinetika pertumbuhan c. menjelaskan macam-macam pengontrolan dalam perkembangan d. mengkaitkan konsep spesialisasi di dalam pertumbuhan dan perkembangan e. menjelaskan konsep totipotensi di dalam sel tumbuhan f. trampil melakukan percobaan yang menunjukkan perkecambahan biji g. mengkomunikasi kan hasil percobaan perkecambahan biji h. menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi perkecambahan biji i. membuat laporan hasil percobaan
  • A. melakukan percobaan tentang dormansi biji dan absisi b. menyimpulkan konsep dormansi dan absisi berdasarkan hasil percobaan c. mengkaitkan konsep dormansi dan absisi dengan respon tumbuhan terhadap lingkungan d. membuat laporan hasil percobaan
  • Menjelaskan ruang lingkup dan peranan fisiologi tumbuhanmengidentifikasi struktur organela pada sel tumbuhanmembandingkan struktur dan fungsi organela dari sel tumbuhan dan sel hewanmenunjukkan sikap jujur dan mandiri selama proses pembelajaran berdasarkan lembar observasi

Course

Durasi Kuliah 16 Minggu
Instructor:
Max. students: 50
Attending: 30