Pengemb. Pembelj. Matematika Di Sd

S2 Pendidikan Dasar


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung penguasaan pengembangan pembelajaran matematika di SD.
  • Memahami konsep pengembangan pembelajaran matematika di SD meliputi Hakekat Matematika Sekolah Dasar, Kurikulum Matematika SD, Pemahaman Matematika, Mengajar melalui Pemecahan Masalah, Perencanaan Pengajaran Berbasis Masalah, Penilaian dalam Pengajaran, Pengajaran Matematika Multikultural, Penggunaan Teknologi dan Media, Metode Rancangan Pengembangan, Pengembangan Pembelajara Konsep Matematika (Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Penyajian dan Pengolahan Data), dan praktik pengembangan pembelajaran.
  • Membuat keputusan dan berkomitmen dalam menyelesaikan tugas pendalaman materi pelajaran,
  • Memiliki sikap kritis dan kreatif dalam mempelajari konsep dasar matematika.
  • Pokok Bahasan

    • Menjelaskan karakteristik matematika sekolah dasar dan kurikulum mat sd.
    • Menjelaskan karakteristik pemahaman konsep matematika dan pemecahan masalah.
    • Mendeskripsikan, mempresentasikan dan mempraktikan perencanaan pengajaran matematika berbasis masalah.
    • Mendeskripsikan, mempresentasikan dan memecahkan masalah terkait penilaian matematika.
    • Mendeskripsikan, mempresentasikan, dan memecahkan masalah terkait pengajaran matematika multikultural.
    • Mendeskripsikan dan memecahkan masalah terkait penggunaan teknologi dan media.
    • Mendeskripsikan metode perancangan pengembangan dan memecahkan masalah terkait.
    • Mendeskripsikan dan memecahkan masalah terkait pengembangan pembelajaran konsep bilangan bulat dan pecahan
    • Mendeskripsikan dan memecahkan masalah terkait pengembangan pembelajaran pengukuran dan geometri (bangun datar)
    • Mendeskripsikan dan memecahkan masalah terkait pengembangan pembelajaran konsep pengukuran dan geometri (bangun ruang)
    • Mendeskripsikan dan memecahkan masalah terkait pengembangan pembelajaran konsep pengolahan dan penyajian data
    • Mendeskripsikan dan memecahkan masalah terkait praktik pengembangan pembelajaran matematika

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30