Geometri dan Pengukuran

S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mata kuliah ini memberikan pengetahuantentang geometri datar, geometri ruang, geometri analitikdatar, geometri transformasi, bentuk-bentuk trigonometri dan pengukuran bakudan tidak baku.Proses pembelajaran meliputi kegiatan penemuan terbimbing, pemberian informasi,kerja kelompok, presentasi, dan tugasindividual. Evaluasi hasil belajar meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas mandiri, tugaskelompok dan aktivitas kelas.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan, dan mengembangkan konsep keilmuan geometri dan pengukuran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  • Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, religius, dan berperilaku ilmiah (peduli,jujur, tanggung jawab, teliti, percaya diri, tekun, santun, menghargai oranglain, dan rasa ingin tahu) untuk memecahkan berbagai permasalahan matematika serta dalam kehidupan sehari-hari
  • Menguasai dan mengembangkan materi-materi bidang studi matematika di SekolahDasar khususnya konsep teori geometri datar,geometri ruang, geometri analitik datar, geometri transformasi, bentuk-bentuktrigonometri dan pengukuran baku dan tidak baku.
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematik, menganalis, mengambil keputusan, mengkomunikasikan hasil kerja, dalam memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan konsep geometri dan pengukuran.
  • Pokok Bahasan

    • 1. mendeskripsikan teori translasi. 2. mendeskripsikan teori refleksi. 3. mendeskripsikan teori rotasi 4. mendeskripsikan teori dilatasi. 5. mengilustrasikan dan membuktikan teorema dalil pythagoras 6. menggunakan dalil pythagoras untuk menentukan panjang sisi segitiga siku-siku 7. menyelesaikan permasalahan sehari-hari menggunakan dalil pythagoras
    • 1. mengkonstruksi formula luas dan keliling bangun datar persegi panjang 2. mengkonstruksi formula luas dan keliling bangun datar persegi 3. mengkonstruksi formula luas dan keliling bangun datar segitiga. 4. mengkonstruksi formula luas dan keliling bangun datar jajargenjang. 5. mengkonstruksi formula luas dan keliling bangun datar lingkaran. 6. mengkonstruksi formula luas dan keliling bangun datar belah ketupat. 7. mengkonstruksi formula luas dan keliling bangun datar layang-layang. 8. mengkonstruksi formula luas dan keliling bangun datar trapezium.
    • 1. mengkonstruksi formula volume bangun ruangbalok. 2. mengkonstruksi formula volume bangun ruang kubus. 3. mengkonstruksi formula volume bangun ruang prisma tegak segitiga. 4. mengkonstruksi formula volume bangun ruang tabung. 5. mengkonstruksi formula volume bangun ruang limas tegak segiempat. 6. mengkonstruksi formula volume bangun ruang kerucut.
    • 1. mendeskripsikan pengertian bangun datar. 2. mendeskripsikan pengertian bangun datar segitiga dan macam-macamnya. 3. mendeskripsikan pengertian bangun datar segiempat dan macam-macamnya. 4. mendeskripikan pengertian segilima, segienam dan segibanyak. 5. mendeskripsikan pengertian lingkaran.
    • 1. mendeskripsikan pengertian bangun ruang. 2. menyebutkan macam-macam bangun ruang dan mendeskripsikan pengertiannya. 3. mendeskripsikan karakteristik dari macam-macam bangun ruang.
    • Ujian tengah semester
    • 1. mendeskripsikan pengertian titik. 2. mendeskripsikan pengertian garis. 3. mendeskripsikan pengertian ruas garis. 4. mendeskripsikan pengertian sinar garis. 5, mendeskripsikan pengertian sudut.6. mendeskripsikan pengertian bidang
    • Mengilustrasikan dan ukuran panjang, luas, isi, berat, dan waktu yang ada hubungannya dengan kehidup an sehari-hari sebagai budaya masyarakat indonesia. mengkonstruksi ukuran tidak baku yang ada hubungannya ukuran panjang, luas, isi, berat, dan waktu yang ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari sebagai budaya masyarakat indonesia yang dikenalnya.
    • 1. mengilustrasikan dan membuktikan teorema kesejajaran. 2. mengilustrasikan dan membuktikan teorema sudut berelasi. 3. mengilustrasikan dan membuktikan teorema kesebangunan.4. mengilustrasikan dan membuktikan teorema kongruensi.

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30