Metodologi Penelitian

S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mata kuliah metodologi merupakan mata kuliah pengetahuan teoritik dan praktis mengenai konsep dasar penelitian, masalah penelitian, hipotesis, variabel, menentukan & menyusun instrumen, teknik pengumpulan data, analisis data, dan etika penulisan karya ilmiah. Selain itu, mahasiswa dapat mengembangkan mengembangkan proposal penelitian, dan mensimulasikan. Hasil akhir mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian.


Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk menelusuri data/informasi dalam rangka menemukan dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan metodologi penelitian.
  • Memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep dasar metodologi penelitian.dalam konteks praktis.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam pembelajaran dan permasalahan pendidikan serta dapat memberikan solusi melalui penulisan karya ilmiah.
  • Memiliki sikap dan prilaku yang jujur serta bertanggung jawab dalam melaksanakan mengembangkan proposal penelitian untuk memperbaiki mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  • Pokok Bahasan

    • 1. mengembangkan pendahuluan 2. mengembangkan kajian pustaka 3. mengembangkan metode penelitian 4. merumuskan daftar pustaka 5. menentukan lampiran pada proposal penelitian
    • 1. menjelaskan pengertian seminar proposal 2. mendeskrisikan prosedur seminar proposal 3. melakukan kegiatan simulasi seminar proposal penelitian kualitatif. 4. melakukan kegiatan simulasi seminar proposal penelitian kuantitatif.
    • 1. menjelaskan pengertian penelitian kuantitatif 2. mengklasifikasikan jenis-jenis penelitian kuantitatif 3. mamahami prosedur penelitian kuantitatif
    • 1. menjelaskan pengertian penelitian 2. menyebutkan tujuan penelitian 3. mendeskripsikan prosedur penelitian
    • 1. menjelaskan pengertian masalah 2. mengklasifikasikan hal-hal yang harus dipenuhi dalam memilih masalah 3. menyebutkan ciri-ciri masalah yang baik 4. mengidentifikasi tujuan studi pendahuluan 5. menyebutkan cara studi pendahuluan 6. mengklasifikasikan rumusan masalah penelitian yang baik 7. mengidentifikasi bentuk-bentuk rumusan penelitian
    • 1. menjelaskan pengertian hipotesis 2. mendeskripsikan karakter hipotesis 3. menyebutkan fungsi hipotesis 4. mengidentifikasi tipe-tipe hipotesis 5. menyebutkan contoh-contoh hipotesis 6. membuat hipotesis penelitian
    • 1. menjelaskan pengertian variabel 2. menyebutkan jenis-jenis variabel 3. mendeskripsikan hubungan antar variabel
    • 1. menjelaskan pengertian instrumen penelitian 2. menyebutkan jenis-jenis penelitian 3. mendeskripsikan pengertian tes 4. mennyebutkan jenis tes 5. mendeskrisikan pengertian non tes 6. menyebutkan jenis-jenis non tes 7. menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode dan instrument penelitian 8. menjelaskan prosedur pengadaan instrumenn 9. mendeskripsikan pengertian validitas 10. menyebutkan jenis-jenis validitas 11. mendeskripsikan pengertian reliabilitas 12. menyebutkan jenis-jenis reliabilitas
    • 1. memahami pengertian pengumpulan data 2. mendeskripsikan kualitas data penelitian 3. menyebutkan cara pengumpulan data 4. membuat alat pengumpulan data (wawancara, observasi, dan angket)
    • 1. menjelaskan pengertian penelitian kualitatif 2. mengklasifikasikan jenis-jenis penelitian kualitatif 3. mamahami prosedur penelitian kualitatif
    • 1. menjelaskan pengertian penelitian ptk 2. mengklasifikasikan jenis-jenis penelitian ptk 3. mamahami prosedur penelitian ptk
    • 1. menjelaskan pengertian etika 2. memahami etika mengutip karya orang lain 3. memahami etika pengumpulan data 4. memahami etika analisis data 5. memahami etika membuat daftar pustaka 6. memahami etika konsultasi 7. memahami etika pelaporan
    • 1. menjelaskan pengertian penelitian & pengembangan 2. mengklasifikasikan jenis-jenis penelitian & pengembangan 3. mamahami prosedur penelitian & pengembangan
    • 1. melakukan kegiatan simulasi seminar proposal ptk. 2. melakukan kegiatan simulasi seminar proposal penelitian & pengembangan.

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30