Bahasa Inggris

S1 Pendidikan Teknik Elektro

Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan sistem ceramah, diskusi. presentasi dan diskusi, tugas penyelesaian masalah (problem solving), dan refleksi.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

  • Mampu menerapkan keahlian bahasa Inggris dan memanfaatkan TIK untuk (1) berkomunikasi dan (2) memahami teks lisan dan tulis dalam konteks-konteks keseharian dan umum terbatas.
  • Menguasai pengetahuan dasar ilmu bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan (1) berkomunikasi dengan bahasa yang berterima dan (2) pemahaman teks.
  • Membuat keputusan dalam memilih bahasa yang tepat sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa berterima sesuai dengan konteksnya.
  • Memiliki tanggung jawab atas (1) penggunaan bahasa yang dipakai dan (2) tugas yang diberikan terkait penggunaan dan pemahaman bahasa.
  • Pokok Bahasan

    • Mahasiswa mampu:mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan tenses (active) dan passive voicememberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan tenses (active) dan passive voicemengidentifikasi saran dan asumsi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
    • Mahasiswa mampu:membedakan jenis-jenis english standardized testmemahami pentingnya english standardized test mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan part of speech & singular-plural forms (count-uncount)memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan part of speech & singular-plural forms (count-uncount)
    • Mahasiswa mampu:mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan word order dan determinersmemberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan word order dan determinersmengidentifikasi topik utama dan hal detail dalam sebuah percakapan pendek
    • Mahasiswa mampu:mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan reflexive and emphatic pronouns dan modalsmemberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan reflexive and emphatic pronouns dan modalsmengidentifikasi putusan akhir dan masalah dalam sebuah percakapan pendek
    • Mahasiswa mampu:mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan causative dan subjunctivememberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan causative dan subjunctivemengidentifikasi arti idiom dan perasaan atau emosi yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
    • Mahasiswa mampu:mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan subject-verb agreementmemberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan subject-verb agreementmengidentifikasi prediksi dan makna implisit yang terdapat dalam sebuah percakapan pendek
    • Mahasiswa mampu:mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan adjective clause & adjective dan noun clause memberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan adjective clause & adjective dan noun clause menentukan informasi rinci yang terdapat dalam sebuah monolog
    • Mahasiswa mampu:mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan adjective clause & adjective phrasememberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan adjective clause & adjective phrasemengidentifikasi main idea/topic, main purpose, pada sebuah wacana tulismenyelesaikan soal-soal reading comprehension yang terkait dengan main idea/topic, main purpose, paragraph questions pada sebuah wacana tulis
    • Mahasiswa mampu:mengidentifikasi pola struktur bahasa inggris yang terkait dengan noun clausememberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan adjective clause & adjective dan noun clausemengidentifikasi organization of ideas, tone, previous/following paragraph questions pada sebuah wacana tulismenyelesaikan soal-soal reading comprehension yang terkait dengan organization of ideas, tone, previous/following paragraph questions pada sebuah wacana tulis
    • Mahasiswa mampu:menjelaskan tata bahasa inggris yang terkait dengan adverb clausesmemberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan adverb clausesmenyelesaikan soal-soal tata bahasa inggris yang terkait dengan adverb clausesmengidentifikasi soal inference and purpose pada sebuah wacana tulismenyelesaikan soal-soal materi reading comprehension yang berkenaan dengan inference and purpose.
    • Mahasiswa mampu:menjelaskan tata bahasa inggris yang terkait dengan parallel structurememberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan parallel structuremenyelesaikan soal-soal tata bahasa inggris yang terkait dengan parallel structuremengidentifikasi soal details pada sebuah wacana tulismenyelesaikan soal-soal materi reading comprehension yang berkenaan dengan details.
    • Mahasiswa mampu:menjelaskan tata bahasa inggris yang terkait dengan conditional sentencesmemberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan conditional sentencesmengidentifikasi soal negative and line items pada sebuah wacana tulismenyelesaikan soal-soal materi reading comprehension yang berkenaan dengan negative and line items
    • Mahasiswa mampu:menjelaskan tata bahasa inggris yang terkait dengan comparisonmemberikan contoh penggunaan tata bahasa inggris yang terkait dengan comparisonmenyelesaikan soal-soal materi tata bahasa inggris yang telah diajarkanmengidentifikasi soal vocabulary items pada sebuah wacana tulismenyelesaikan soal-soal materi reading comprehension yang berkenaan dengan vocabulary items
    • Mahasiswa mampu:menjelaskan materi bahasa inggris yang telah diajarkanmenyelesaikan soal-soal materi tata bahasa inggris yang telah diajarkanmengidentifikasi soal reference items pada sebuah wacana tulismenyelesaikan soal-soal materi reading comprehension yang berkenaan dengan reference items

    Course

    Durasi Kuliah 16 Minggu
    Instructor:
    Max. students: 50
    Attending: 30