Dasar - Dasar Kependidikan

S1 Pendidikan Sains

Untuk membekali para calon guru dan atau guru dalam jabatan tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan,pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikannasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di Sekolah maupun di luar Sekolah.

Pemula Menengah Mahir

Capaian Mata Kuliah

1. Mengaplikasikan bidang keahlian pendidikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait pendidikan baik secara teoretis maupun praktis serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

2. Menguasai konsep teoretis tentang pendidikan secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

3. Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

4. Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan kelompok dalam memahami konsep dasar pendidikan baik secara teoretis maupun praktis serta mampu menerapkan dengan baik teori pendidikan yang relevan dalam bidang studinya.


Pokok Bahasan

  • Menyerahkan hasil tugas & hasil ujian tertulis
  • 1. mendeskripsikan sifat hakiki manusia 2. mendeskripsikan dimensi hakikat manusia 3. mendeskripsikan pengembangan dimensi manusia 4. mendeskripsikan sosok manusia indonesia seutuhnya
  • 1. mendeskripsikan pengertian sistem 2. mendeskripsikan macam-macam sistem 3. mendeskripsikan pendidikan sebagai sistem
  • 1. mendeskripsikan pengertian pendidikan 2. mendeskripsikan proses pendidikan 3. mendeskripsikan dan menganalisis fungsi pendidikan
  • 1. mendeskripsikan dasar, tujuan, fungsi pendidikan nasional.kelembagaan pendidikan 2. mendeskripsikan program dan pengelolaan pendidikan
  • 1. mendeskripsikan landasan pendidikan 2. mendeskripsikan landasan historis 3. mendeskripsikan landasan filosofis. 4. mendeskripsikan landasan psikologis 5. mendeskripsikan landasan sosiologis. 6. mendeskripsikan landasan kultural dan tut wuri handayani 7. mendeskripsikan landasan ipteks
  • 1. mendeskripsikan makna guru sebagai profesi 2. mendeskripsikan tanggung jawab guru 3. mendeskripsikan tugas guru 4. mendeskripsikan peran guru 5. mendeskripsikan kompetensi profesionalisme guru 6. mendeskripsikan kode etik guru
  • 1 mendeskripsikan permasalahan teoritis 2 mendeskripsikan permasalahan praktik 3 mendeskripsikan masalah praktis di indonesia 4. mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah pendidikan di indonesia
  • 1. mendeskripsikan konsep perubahan dan inovasi. 2. mendeskripsikan pengertian inovasi pendidikan 3. mendeskripsikan tujuan inovasi. 4. mendeskripsikan siklus inovasi 5. mendeskripsikan masalah-masalah yang menuntut diadakan inovasi pendidikan 6. mendeskripsikan berbagai upaya inovasi pendidikan di indonesia 7. mendeskripsikan pembaharuan sistem pendidikan tenaga kepen-didikan 8. mendeskripsikan pengambil-an keputusan dalam inovasi pendidikan. 9. mendeskripsikan kendala-kendala dalam inovasi pendidikan 10. mendeskripsikan penolakan (resistance) 11. mendeskripsikan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam inovasi dalam menghindari penolakan.
  • 1. mendeskripsikan landasan konsep pendidikan karakter 2. mendeskripsikan landasan nilai-nilai karakter 3. mendeskripsikan tahapan pengembangan karakter
  • 1. orientasi mata kuliah dasar-dasar pendidikan. 2. mendeskripsikan konsep dasar pendidikan

Course

Durasi Kuliah 16 Minggu
Instructor:
Max. students: 50
Attending: 30